ABSTRAK
Siti Masfufah. 2019. Pelibatan Orang Tua Dalam Program Pengembangan Sosial Emosional Anak di Tk Darussalam Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Eko Darminto Martowijoyo,M.Si, dan (II) Dr. Najlatun Naqiyah,M.Pd.
Kata Kunci : Pelibatan Orang Tua, Program Pengembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk nilai sosial emosional
Anak usia 5-6 tahun beserta implementasinya dengan program pelibatan orang tua. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo dengan jumlah 7 anak beserta orang tua.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Penggunaan analisis data dengan membaca keseluruhan data, mencoding data, menerapkan dari hasil proses peng-codingan serta yang terakhir mendiskripsikan hasil data selama penelitian. Dari hasil penelitian ini akan diuji kebenarannya dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelibatan orang tua dalam program pengembangan sosial emosional anak di TK Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo dilaksanakan melalui pelibatan orang tua yang ada di lembaga TK. dukungan peran serta orang tua mempunyai manfaat dan andil yang besar bagi pendidikan anak-anaknya. Melalui kegiatan out bond, cooking class, parenting, penyusunan kurikulum, kegiatan pembiasaan saat dirumah serta keteladanan guna mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dalam mengenal bentuk-bentuk aturan kelas, serta implementasi dalam pengemabnagn sosial emosional sesuai dengan indikator yang dikembangkan dengan tahapan usia serta kemampuan yang dimilikinya.
Pelibatan orang tua dalam program pengembangan sosial emosional anak pada setiap lembaga sekolah selayaknya disosialisasikan secara keseluruhan pada lembaga-lembaga TK yang lain. Mengingat peran serta orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan sosial emosional anak. sehingga orang tua mampu memberikan dukungan, stimulasi yang tepat serta memberikan kesempatan bereksplorasi pada anak yang mampu menumbuh kembangkan kemampuan sosial emosional anak dengan baik.
ABSTRACT
Siti Masfufah. 2019. Parent Engagement in the Children's Emotional Social Development Program in Darussalam Sugihwaras Sidoarjo Regency. Thesis, Basic Education Study Program PAUD Concentration, Postgraduate Surabaya State University. Advisor (I) Dr. Eko Darminto Martowijoyo, M.Sc, and (II) Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd.
Keywords: Parent Engagement, Emotional Social Development Program, Early Childhood
This study aims to determine the forms of social emotional value. Children aged 5-6 years and their implementation with parental involvement programs. The research subjects were children aged 5-6 years old in group B in TK Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo with a total of 7 children and parents.
The research approach used is qualitative with the technique of collecting observation data, documentation and interviews. The use of data analysis by reading the entire data, coding data, applying the results of the coding process and the latter describing the results of the data during the study. The results of this study will be tested by using data triangulation and time triangulation.
The results of this study indicate that the involvement of parents in the social emotional development program of children in TK Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo was carried out through the involvement of parents in the TK institution. support for parental participation has great benefits and contributions to the education of their children. Through out bond activities, cooking classes, parenting, compilation of curriculum, habituation activities at home and exemplary to develop children's social emotional abilities in recognizing forms of class rules, as well as implementation in emotional social development in accordance with indicators developed with age and ability levels it has.
The involvement of parents in children's social emotional development programs for each school institution should be socialized as a whole to other TK institutions. Given the role of parents is very much needed in the process of developing children's social emotional. so that parents are able to provide support, appropriate stimulation and provide opportunities to explore children who are able to develop their children's social emotional abilities.