PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA PASCA COVID-19 DI SMAN 20 SURABAYA
THE ROLE OF TEACHERS IN SHAPING THE DISCIPLINARY CHARACTER OF STUDENTS AFTER COVID-19 AT SMAN 20 SURABAYA
Pandemi covid-19 adalah penyakit yang ditimbulkan oleh virus corona. Dampak pandemi covid-19 menyebabkan pemerintah Indonesia memintah untuk seluruh pendidikan di Indonesia memberlakukan sekolah online. Pada masa pasca pandemi semua Pendidikan di Indonesia kembali dengan normal tetapi harus mematuhi pada protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Pembelajaran daring menuju luring pada pasca pandemi mengakibatkan menurunnya karakter disiplin pada siswa. Hal tersebut mengakibatkan problematika yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Dalam dunia penndididkan, guru adalah sebagai figure yang memiliki peran penting membimbing dan mendidik peserta didik untuk memiliki karakter terpuji. Penanaman karakter pada anak dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pasca pandemi covid-19 di SMAN 20 Surabaya guru memiliki peran seperti guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelolah kelas, guru sebagai fasilitator dan mediator, juga guru sebagai evaluator. Pada pendidikan di sekolah terdapat nilai karakter yang dianggap penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran, yaitu disiplin. Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Lokasi yang menjadi objek ini adalah SMAN 20 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode analisis menurut Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana guru berperan untuk membentuk karakter disiplin siswa pada pasca covid-19 dan problematika yang dihadapi guru. Hal tersebut memiliki solusi yang diberikan oleh guru dalam pembentukan karakter disiplin.
The covid-19 pandemic is a disease caused by the coronavirus. The impact of the covid-19 pandemic has caused the Indonesian government to order all education in Indonesia to implement online schools. In the post-pandemic period all education in Indonesia returned to normal but had to adhere to the health protocols set by the government. Online to offline learning in the post-pandemic period has resulted in a decline in the character of discipline in students. This has resulted in problems faced by teachers in shaping students' disciplinary character. In the world of education, the teacher is a figure who has an important role in guiding and educating students to have commendable character. Character cultivation in children starts from the family, school and community environment. The role of teachers in shaping the disciplinary character of students in the post Covid-19 pandemic at SMAN 20 Surabaya teachers have roles such as teachers as demonstrators, teachers as class managers, teachers as facilitators and mediators, as well as teachers as evaluators. In school education, there are character values that are considered important to support learning activities, namely discipline. The method to be used in the research is descriptive qualitative. The location of this object is SMAN 20 Surabaya. Data collection techniques using observation and interviews data analysis conducted in this study using the analysis method according to Miles and Huberman, which includes data reduction, data display, and data verification. The results of this study show how the teacher plays a role in shaping the disciplinary character of students in post-covid-19 and the problems faced by teachers. This has a solution provided by the teacher in shaping the character of discipline.