PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN VIDEO TARI REMO GAGRAK ANYAR BERBASIS WEBSITE UNTUK SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF REMO GAGRAK DANCE VIDEO LEARNING NEW WEBSITE-BASED FOR ELEMENTARY SCHOOLS
Putri, Nabilla Nur Kasih Kusuma. 2024. Pengembangan Pembelajaran Tutorial Tari Remo Gagrak Anyar Berbasis Website untuk Sekolah Dasar.Tesis Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd dan (II) Dr. Trisakti, M.Si.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran Tutorial, Tari Remo Gagrak Anyar, Website
Proses pengembangan video bahan ajar Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya yang berfokuskan pada Seni Tari untuk anak Sekolah Dasar. Pengembangan ini berfokus pada materi Tari Remo Gagrak Anyar. Video pembelajaran ini nantinya akan diberi wadah dalam sebuah website “Pembelajaran Tari Anak, Ayo Menari” guna untuk mempermudah pencarian dan branding produk pengembangan ini sendiri. Alasan ketertarikan adalah pembelajaran tari melalui website siswa untuk belajar secara mandiri, yang dapat meningkatkan kemandirian dan keterampilan belajar mereka. Mereka dapat mengulangi materi sebanyak yang diperlukan dan mengikuti langkahlangkah tutorial sesuai dengan kemampuan mereka sendiri. Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) bagiamana proses pengembangan media website, (2) bagaimana kualitas media, dan (3) bagaimana kepraktisan media. Dalam penelitian tersebut bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media website tutorial pembelajaran tari Remo Gagrak Anyar di Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan kualitas media pengembangan media website tutorialpembelajaran tari Remo Gagrak Anyar di Sekolah Dasar, (3) Mendeskripsikan kepraktisan media website tutorial pembelajaran tari Remo Gagrak Anyar yang dikembangkan, berdasarkan komponen yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah oservasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan perhitunganprosentase untuk validasi, respon, serta hasil belajar siswa. Kualitas media telah teruji oleh validator ahli tentang isi materi, kebahasaan, dan ahli media semua menunjukkan bahwa media ini layak dilanjutkan sebagai penelitian pengembangan website ayo menari. Dengan hasil validasi positif ini, Anda dapat melanjutkan penelitian pengembanganwebsite dengan keyakinan bahwa dasar konten dan aspek teknis dari media tersebut telah diperiksa dan dinilai oleh ahli dalam bidangnya. Kepraktisan media website tutorial pembelajaran tari remo gagrak anyar dianalisis melalui respon guru dan respon siswa, pertama adalah hasilrespon guru 1 (Masruchilah, S.Pd) mendapat skor 143 dengan persentase 95,3%, respon guru 2 (Silvi Dwi, S.Pd) mendapat skor 140 dengan persentase 93,3%. Berdasarkan penilaian dari kedua guru yang menjadi guru kelas di Sekolah Dasartersebut didapatkan hasil persentase rerata total respon sebesar 94,3% sehingga media pembelajaran video tutorial tari remogagrak anyar bagi guru memiliki kepraktisan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berikutnya merupakan respon siswa dihasilkan rata-rata perhitungan diperoleh 93% dengan kriteria memiliki 93% yang berarti video remo gagrak anyar sebagai media pembelajaran berbasis website memiliki kepraktisan video dengan 93% memberi kemudahan dalam mengakses dan pemahaman pada produk website dan video tutorial tari Gagrak Anyar yang diberikan. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini bahwa Pengembangan media video pembelajaran telah melalui tahap identifikasi kebutuhan siswa, media video pembelajaran tari remo gagrak anyar sangatdibutuhkan pada sekolah dasar salah satunya SDN Ketintang II. Hasil validasi pada kualifikasi video tutorial sangat baik berikutnya adalah terhadap website ayo menari dikategorikan sangat baik, dan juga hasil deskripsi data penilaian oleh validator ahli isi pencipta tari remo gagrak anyar terhadap media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik inidikategorikan sangat baik. Hasil uji coba berikutnya adalah kepraktisan berdasarkan respon guru dan siswa dikategorikan sangat praktis. Jadi tingkat validitas media video pembelajaran ini dikategori sangat valid, tingkat kepraktisan media video pembelajaran ini dikategorikan sangat baik.
ABSTRACT Putri, Nabilla Nur Kasih Kusuma. 2024. Development of Website-Based Remo Gagrak Dance Tutorial Learning for Elementary Schools. Thesis of Cultural Arts Education Study Program, Faculty of Language and Arts, Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd and (II) Dr. Trisakti, M.Si.
Keywords: Tutorial Learning, Remo Gagrak Anyar Dance, Website
The process of developing video teaching materials for Cultural Arts and Crafts Learning focusing on Dance for elementary school children. This development focuses on Remo Gagrak Anyar Dance material. This learning video will later be given a container in a website "Children's Dance Learning, Ayo Menari" in order to facilitate the searchand branding of this development product itself. The reason for interest is dance learning through the website for students to learn independently, which can increase their independence and learning skills. They can repeatthe material as many times as necessary and follow the tutorial steps according to their own abilities. This research has a problem formulation(1) how is the process of developing website media, (2) how is the quality of the media, and (3) how is the practicality of the media. The study aims to (1) describe the process of developing website media tutorial learning Remo Gagrak Anyar dance in elementary schools, (2) describe the quality of media development website media tutorial learning Remo Gagrak Anyardance in elementary schools, (3) describe the practicality of website mediatutorial learning Remo Gagrak Anyar dance developed, based on the components developed. This development research uses the ADDIE modelwith the stages of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection techniques used were observation, interview, and questionnaire. The data were analyzed using percentage calculations for validation, response, and student learning outcomes. The quality of the media has been tested by expert validators on material content, language, and media experts all indicating that this media is feasible to continue as awebsite development research. With these positive validation results, you can continue the website development research with confidence that the basic content and technical aspects of the media have been examined and assessed by experts in their fields. The practicality of the remo gagrak anyar dance learning tutorial website media was analyzed through teacherresponses and student responses, first, the results of teacher 1's response (Masruchilah, S.Pd) scored 143 with a percentage of 95.3%, teacher 2's response (Silvi Dwi, S.Pd) scored 140 with a percentage of 93.3%. Based on the assessment of the two teachers who are class teachers at theelementary school, the average percentage of the total response is 94.3% so that the learning media for remo gagrak anyar dance video tutorials forteachers has practicality to be used in learning activities. Next is the studentresponse resulting in an average calculation obtained 93% with the criteriahaving 93% which means that the remo gagrak anyar video as a website- based learning media has video practicality with 93% making it easy to access and understand the website product and the Gagrak Anyar dance tutorial video given. x The conclusion of thisresearch and development is that the development of learning video media has gone through the stage of identifying student needs, learning video media for remo gagrak anyar dance is needed in elementary schools, one of which is SDN Ketintang II. The results of the validation of the next very good video tutorial qualification are on the ayo dancing website categorized as very good, andalso the results of the description of the assessment data by the content expert validator of the remo gagrak anyar dance creator on the learning media are in very good qualifications this is categorized as very good. Thenext trial results are practicality based on teacher and student responses categorized as very practical. So the validity level of this learning video media is categorized as very valid, the level of practicality of this learningvideo media is categorized as very good