PENGEMBANGAN LATIHAN SOAL KETERAMPILAN MEMBACA SMA KELAS XI SEMESTER II BERBASIS GAME BILLIARD ART
DEVELOPMENT OF READING SKILLS EXERCISES FOR CLASS XI SEMESTER II BASED ON THE BILLIARD ART GAME
Abstrak
Keterampilan membaca. adalah proses. penyampaian pesan. oleh pengarang. kepada pembaca. dengan menggunakan. bahasa tulis. Penyampaian pesan. dikatakan berhasil. jika pembaca. dapat memahami. isi teks. dari penulis. Pembaca harus. memiliki persepsi. dan pemahaman. tentang teks tertulis. dari penulis, kemudian memberikan reaksi. terhadap apa. yang dibacanya. dengan integritas. Berdasarkan penelitian. sebelumnya oleh. Rizka Miladyah Fauzan ( Hasil Belajar. Keterampilan Membaca. Bahasa Jerman. dengan Penggunaan. Media Big. Book Perserta. Didik Kelas. X SMAN 1 Sooko Mojokerto, 2018) menyatakan. bahwa penyampaian. materi secara. konvensional (metode. ceramah/resitasi) mengakibatkan peserta. didik merasa. bosan dan. cenderung untuk tidak. terlibat dalam. pembelajaran. Dia menambahkan. bahwa Peserta. didik memiliki. kendala kemampuan. linguistik (kebahasaan, minat, motivasi, dan kemampuan membaca). Proses pembelajaran. keterampilan membaca. sepeti itu. cenderung monoton, dimana pendidik. memberikan teks. pendek yang. disesuaikan dengan. tingkat kemampuan. peserta didik. Metode ini. kurang menarik bagi. Peserta. didik, sehingga mereka. cepat merasa. bosan dan. tidak melanjutkan. membaca teks. Akibatnya, peserta. didik tidak. memahami isi. teks bacaan. dan tidak dilibatkan. dalam proses. pembelajaran. Oleh karena. itu, pendidik dituntut. untuk kreatif. dalam menyampaikan. materi pembelajaran. atau dalam. memberikan latihan. Pemanfaatan perkembangan. ilmu pengetahuan. dan teknologi. merupakan salah. satu cara untuk. meningkatkan kualitas. pemahaman peserta. didik. Dalam penelitian. ini telah. disusun latihan. Keterampilan. membaca dengan. memanfaatkan perkembangan. ilmu pengetahuan. dan teknologi. yaitu Game Billiard Art yang. dioperasikan melalui. aplikasi Microsoft. PowerPoint. Rumusan masalah. dalam artikel. ilmiah ini. adalah bagaimanakah. bentuk latihan. soal keterampilan. membaca kelas. XI semester. 2 yang berbasis Game Billiard Art?. Tujuan penelitian. ini adalah mendeskripsikan bentuk latihan. keterampilan membaca. peserta didik. kelas XI semester 2 berbasis Game Billiard Art. Pendekatan yang. digunakan dalam. penelitian ini adalah. pendekatan kualitatif. dengan menggunakan. metode studi. kepustakaan. Buku Deutsch. ist Einfach 2 dan internet. merupakan sumber. data yang. digunakan dalam. penelitian ini. Aspek-aspek yang. dianalisis dalam. penelitian ini. adalah pengembangan. soal latihan. yang sesuai dengan. kurikulum 2013, pengembangan latihan. soal yang. sesuai dengan Taksonomi Bloom, dan pengembangan latihan. soal yang sesuai. dengan media Game Billiard Art. Bentuk-bentuk. latihan membaca. Essen und trinken berdasarkan Game Billiard Art yang dihasilkan. dalam penelitian. ini adalah percakapan atau dialog antarpribadi, gambar/kartu menu makanan, dan teks sederhana.
Kata Kunci: Pengembangan Latihan soal, Keterampilan Membaca Pemahaman, Game Billiard Art
Abstract
Reading skills are the process of conveying messages by the author to the reader using written language. The delivery of the message is said to be successful if the reader can understand the contents of the text from the author. Readers should have a perception and understanding of the written text from the author, then give reaction to what he reads with integrity. Based on previous research by Rizka Miladyah Fauzan (Learning Outcomes of German Reading Skills with the Use of Media for Big Book Class X Students of SMAN 1 Sooko Mojokerto, 2018) stated that conventional delivery of material (lecture/recitation method) resulted in students feeling bored and tended to not involved in learning. He added that students have linguistic ability constraints (language, interest, motivation, and reading ability). The process of learning for the reading skills so far tends to be monotonous, where the teacher provides short texts that are tailored to the ability level of students. This method is less interesting for students, so they quickly feel bored and do not continue reading the texts. As a result, students do not understand the contents of the reading text and students are not involved in learning process. Therefore, teachers are required to be creative in delivering learning materials or in providing exercise. The utilization of science and technology development is one of many ways to improve students understanding quality. In this research, exercises on reading skills have been arranged by utilizing the development of science and technology, namely this Billiard Art Game which is operated through the Microsoft PowerPoint application. The formulation of the problem in the research for this scientific article is "what is the form of reading skills exercise for class XI semester 2 based on the Billiard Art Game?". The purpose of this study is to describe the form of reading skills exercise for class XI semester 2 based on the Billiard Art Game. The approach used in this research is a qualitative approach using the literature study method. The book Deutsch ist Einfach 2 and the internet are the data sources used in this research. The aspects analyzed in this research are the development of practice questions that are in accordance with the 2013 curriculum, the development of practice questions that are in accordance with Bloom's Taxonomy, and the development of practice questions that are in accordance with the Billiard Art Game media. The forms of reading exercises Essen und Trinken based on the Billiard Art Game produced in this study are interpersonal conversations or dialogues, pictures/food menu cards, and simple texts.
Keywords: Exercises Development, Reading Comprehension Skills, Billiard Art Game