ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA OPTIMALISASI PELAYANAN PASIEN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT
QUEUE SYSTEM ANALYSIS IN OPTIMIZATION OF PATIENT SERVICES IN COMMUNITY HEALTH CENTER
Puskesmas ialah suatu instansi dimana sangat berperan untuk melayani masyarakat yang harus memberikan pelayanan terbaik. Terdapat banyak pasien perharinya sehingga dapat mengakibatkan antrian yang panjang dalam melayani pasiennya. Dengan persoalan tersebut maka peneliti akan mencoba memecahkan permasalahan menggunakannya metode antrian. Antrian merupakan kegiatan dengan beberapa orang atau barang yang membentuk suatu garis tunggu untuk dilayani oleh server. Sistem dalam antrian dapat digunakan sebagai kedatangan pasien untuk suatu pelayanan, menunggu untuk mendapatkan pelayanan, dan meninggalkannya sistem setelah mendapat pelayanan. Peristiwa tersebut dapat muncul dikarenakan kebutuhan layanan di luar kapasitas dari layanan atau fasilitas layanan, sehingga memungkinkan pasien yang datang tidak dapat segera mendapat pelayanan. Pola pembentukan antrian akibat kedatangan pasien yaitu mengikuti distribusi Poisson. Sedangkan pada waktu pelayanan yaitu distribusi eksponensial, sehingga jika waktuk pelayanan berdistribusi eksponensial maka tingkat pelayanan mengikuti distribusi poisson. Analisis data dengan menggunakan metode Multi Channel - Single Phase yang menunjukkan tingkat pelayanan optimal yaitu dengan menggunakan 2 server yang menghasilkan total biaya minimum yang dikeluarkan sebesar Rp.19.892,633. Probabilitas semua petugas menganggur yaitu 0.374, sehingga tidak membuat pasienya mengantri cukup lama.
Kata Kunci: Teori antrian, Optimalisasi, Distribusi poisson, Distribusi exponensial.
Puskesmas is an institution that plays a very important role in serving the community, which must provide the best service. There are many patients per day so it can cause long queues in serving patients. With these problems, the researcher will try to solve the problem using the queuing method. The queue is an activity with several people or goods that form a waiting line to be served by the server. The queue system can be used as a patient arrival for a service, waiting to get service, and leaving the system after receiving service. These events can arise because the need for services is beyond the capacity of the service or service facility, thus allowing patients who come cannot get services immediately. The pattern of queue formation due to patient arrival is following the Poisson distribution. Meanwhile, at the time of service, namely the exponential distribution, so that if the service time is exponentially distributed, the service level follows a Poisson distribution. Data analysis using the Multi Channel - Single Phase method which shows the optimal level of service by using 2 servers which results in a minimum total cost of Rp. 19,892,633. The probability of all staff being unemployed is 0.374, so it doesn't make patients queue for too long.
Keywords: Queuing theory, Optimization, Poisson distribution, Exponential distribution.