Dinamika Barongsai Boen Bio Surabaya Tahun 1998 - 2013
Dynamics of the Boen Bio Surabaya Lion Dance 1998-2013
Abstrak
Nama : Ilham Dimas Septio Srivani
NIM : 16040284044
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Jurusan : Pendidikan Sejaran
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum., M.A.
Dalam upaya membangkitkan kembali kesenian Barongsai yang sudah lama menghilang pasca Instruksi Presiden no. 14 tentang Agama, Kepercayaan, dan Adat Istiadat Tionghoa yang diberlakukan mulai 6 Desember 1967 hingga pencabutan instruksi Presiden tersebut oleh Presiden Abdurahman Wahid dengan mengeluarkan Keputusan Presiden no. 6 tahun 2000, dibawah naungan Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Boen Bio, perkumpulan Barongsai Boen Bio mulai dihidupkan kembali sebagai identitas kesenian Tionghoa. Jauh sebelum Barongsai menjadi Identitas masyarakat Tionghoa, Barongsai mengalami mati suri berkepanjangan. Hampir 32 tahun lebih tidak pernah tampil ranah publik, yang ada hanya Latihan sekedar untuk bertahan agar tidak hilang. Waktu yang lama menjadikan satu demi satu pegiat Barongsai berkurang, mulai dari factor usia pelaku, hingga kesibukan masing-masing anggota. Ketika pencabutan instruksi presiden, Barongsai muncul sebagai salah satu ikon utama kesenian Tionghoa.
Penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana sejarah berdirinya Barongsai Boen Bio Surabaya? 2) Dinamika Barongsai Boen Bio Surabaya dalam memperkenalkan kembali kesenian Tionghoa tahun 1998-2013? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah. Tahap pertama yaitu Heuristik, yaitu mengumpulkan sumber-sumber. Tahap Kedua adalah Kritik, yaitu menyeleksi sumber yang valid. Tahap Ketiga, yaitu interpretasi yang dilakukan dengan mengaitkan dan menganalisis sumber. Tahap terakhir yaitu historiografi, yang meruapakan tahap penulisan kembali hasil interpretasi dalam bentu skripsi ini.
Pasca periwtiwa reformasi 1998, Barongsai Boen Bio mulai muncul kembali ke masyarakat dengan menggelar Latihan rutin dan mengikuti acara-acara kemasyarakatan. Kegiatan seperti pesta, pernikahan, hingga tahun baru diikuti perkumpulan Barongsai Boen Bio sebagai bentuk menghidupkan kembali kesenian Barongsai. Setelah Barongsai Boen Bio mulai diterima oleh masyarakat sebagai sebuah kesenian, barongsai Boen Bio menerima banyak tawaran untuk tampil.
Barongsai Boen Bio terus berkembang tidak hanya sebagai sarana ritual saja, tetapi sebagai hiburan dan olahraga. Tahun 2000 Persatuan Seni dan Olahraga Barongsai Indonesia (PERSOBARIN) terbentuk di Surabaya, dan Barongsai Boen Bio menjadi salah satu anggotanya. Pembentukan PERSOBARIN ini menunjukan bahwa kini Barongsai dapat diterima masyarakat tidak hanya sebagai kebudayaan Tionghoa saja. Pada 2000 juga dibulan Oktober terselenggara Kejuaraan Nasional Barongsai PERSOBARIN di Sidoarjo, Kejuaraan itu juga diikuti oleh perkumpulan Barongsai Boen Bio tetapi tidak mendapatkan podium juara.
Aspek Gerakan dalam Barongsai juga berubah pasca reformasi, banyak Gerakan disesuaikan dengan nilai keindahan atau kesenian sebagai bentuk komodifikasi Barongsai sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Setelah pembentukan PERSOBARIN tahun 2000, segala aspek disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari metode Latihan hingga tata cara pelaksanaan pertunjukkan barongsai.
Kata Kunci : Barongsai, Dinamika, Surabaya, Boen Bio
Abstract
Dynamics of the Boen Bio Surabaya Lion Dance 1998 - 2013
Name : Ilham Dimas Septio Srivani
Study Program: S-1 History Education
Department: Historical Education
Faculty: Faculty of Social Sciences and Law
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum., M.A.
In an effort to revive the Barongsai art which has long disappeared after Presidential Instruction no. 14 concerning Religion, Beliefs, and Chinese Customs which was enforced from December 6, 1967 until the revocation of the Presidential Instruction by President Abdurahman Wahid by issuing Presidential Decree no. 6 of 2000, under the auspices of the Indonesian Confucian Religious Council (MAKIN) Boen Bio, the Boen Bio Barongsai association began to be revived as a Chinese artistic identity. Long before the lion dance became the identity of the Chinese community, the lion dance experienced a prolonged suspended animation. For more than 32 years, they have never appeared in the public sphere. All that is there is training just to survive so they don't disappear. The long time has reduced one by one the lion dance activists, starting from the age factor of the performers, to the busyness of each member. When the presidential order was repealed, the lion dance emerged as one of the main icons of Chinese art.
The author formulates the problem as follows: 1) What is the history of the establishment of the Boen Bio Surabaya Barongsai? 2) The dynamics of the Boen Bio Surabaya Barongsai in reintroducing Chinese arts in 1998-2013? The method used in this research is the historical method. The first stage is Heuristics, which collects sources. The second stage is criticism, namely selecting valid sources. The third stage, namely interpretation is done by associating and analyzing sources. The last stage is historiography, which is the stage of rewriting the interpretation results in the form of this thesis.
After the 1998 reform event, the Boen Bio Barongsai began to reappear into society by holding regular exercises and participating in community events. Activities such as parties, weddings, until the new year are followed by the Boen Bio Barongsai association as a form of reviving the Barongsai art. After the Boen Bio lion dance began to be accepted by society as an art form, the Boen Bio lion dance received many offers to perform.
The Boen Bio Barongsai continues to develop not only as a means of ritual, but as entertainment and sport. In 2000 the Indonesian Barongsai Arts and Sports Association (PERSOBARIN) was formed in Surabaya, and the Boen Bio Lion Dance became one of its members. The formation of PERSOBARIN shows that now the Barongsai can be accepted by society not only as Chinese culture. In 2000, also in October, the PERSOBARIN National Barongsai Championship was held in Sidoarjo. The Boen Bio Barongsai association also took part in the championship but did not get a championship podium.
Movement aspects in the Barongsai have also changed after the reformation, many movements have been adapted to aesthetic or artistic values as a form of commodification of the Barongsai so that it can be accepted by society. After the formation of PERSOBARIN in 2000, all aspects were adjusted to the needs, starting from the training method to the procedures for carrying out lion dance performances.
Keywords: Barongsai, Dynamics, Surabaya, Boen Bio