Kalimat Permintaan Dalam Iklan Volkswagen : Kajian Stilistika Sintakis
DEMAND SENTENCES IN VOLKSWAGEN ADVERTISING : STUDY OF SYNTAX STYLISTICS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat permintaan yang terdapat dalam iklan bahasa jerman Volkswagen Group yang berfokus pada bentuk kalimat permintaan menurut kajian stilistika sintaksis. Iklan memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dalam penjualan produk. Karena iklan merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam pemasaran sebuah produk. Tidak hanya digunakan oleh beberapa perusahaan, iklan digunakan oleh hampir seluruh perusahaan di dunia sebagai salah satu cara dalam penjualan produk. Volkswagen Group merupakan salah satu dari perusahaan multinasional otomotif terbesar di dunia yang berpusat di Jerman. Perusahaan ini merancang, memproduksi, dan mendistribusikan kendaraan komersial, kendaraan penumpang, motor, mesin, dan turbomachinery. Selain itu, Volkswagen Group menawarkan layanan terkait, termasuk pembiayaan, leasing, dan manajemen armada. Volkswagen Group membuat iklan semenarik mungkin agar produk yang dijualnya mampu memikat perhatian para konsumen. Dalam iklan Volkswagen Group memiliki kalimat-kalimat yang menarik, salah satunya adalah penggunaan kalimat permintaan yang menjadi fokus dari penelitian ini. Sehingga kita mengetahui maksud dan tujuan dari iklan yang dikeluarkan oleh Volkswagen Group. Sumber data penelitian ini adalah laman website resmi Volkswagen dan laman iklan otomotif online berupa 5 kalimat iklan dengan jenis kalimat permintaan yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan teori Ridwan (2017), Helbig dan Buscha (1996), dan Engel (1993). Hasil dari penelitian 5 data iklan menunjukkan bahwa seluruh kalimat iklan merupakan kalimat permintaan. Kalimat permintaan yang digunakan dalam iklan Volkswagen Group merupakan bentuk dari kalimat imperatif permintaan, kalimat permintaan tersebut mengandung perintah di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa permintaan dari penutur memiliki harapan dan perintah yang ditujukan kepada mitra tutur.
Kata Kunci: Kalimat Permintaan, Iklan, Stilistika Sintaksis
This study aims to describe the request sentence contained in the Volkswagen Group German advertisement which focuses on the form of the request sentence according to the study of syntactic stylistics. Advertising has a very important role for a company in selling products. Because advertising is one of the most effective ways of marketing a product. Not only used by some companies, advertising is used by almost all companies in the world as a way of selling products. The Volkswagen Group is one of the largest automotive multinational companies in the world, headquartered in Germany. The company designs, manufactures and distributes commercial vehicles, passenger vehicles, motorcycles, engines and turbomachinery. In addition, the Volkswagen Group offers related services, including financing, leasing and fleet management. Volkswagen Group makes advertisements as attractive as possible so that the products it sells can attract the attention of consumers. In the Volkswagen Group advertisement there are interesting sentences, one of which is the use of request sentences which is the focus of this research. So that we know the intent and purpose of the advertisements issued by the Volkswagen Group. The data sources of this research are the official Volkswagen website and online automotive advertising pages in the form of 5 advertising sentences with the type of request sentence which are then analyzed descriptively qualitatively using the theory of Ridwan (2017), Helbig and Buscha (1996), and Engel (1993). The results of the study of 5 advertising data show that all advertising sentences are request sentences. The request sentence used in the Volkswagen Group advertisement is a form of imperative sentence request, the request sentence contains a command in it. It can be said that requests from speakers have expectations and orders addressed to the hearer.
Keywords: Request Sentences, Advertising, Syntactic Stylistics