Perilaku Konsumsi Produk Fashion Muslim Mahasiswi Sesuai Perkembangan Trend Fashion Muslim Indonesia
Dalam penelitian ini, penulis akan membahas mengenai bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Surabaya dan dampak serta persepsi mereka tentang keberadaan tren busana muslim dan kesesuaiannya dengan konsep konsumsi Islam. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menunjukkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswi terhadap produk busana muslim di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menurut tren perkembangan memiliki dua kategori. Kategori pertama adalah konsumsi sesuai dengan kebutuhan yang berdampak positif pada individu dan kategori kedua adalah konsumsi sesuai keinginan yang berdampak negatif pada individu. Meskipun memiliki perilaku konsumsi yang berbeda di antara informan, mereka sepakat bahwa seseorang dapat mengikuti tren busana muslim dengan tetap menyesuaikan konsep konsumsi Islam, jika menggabungkan antara faktor internal dan eksternal.
In this study, the author will discuss how the students’s consumption behavior of Economics Faculty in Surabaya State University and their perceived impact and perceptions regarding the existence of Moslem fashion trends with comformity to the concept of Islamic consumption. Using a qualitative research method with descriptive approach shows that female consumption behavior of Moslem fashion products at the Faculty of Economics, Surabaya State University according to the development trend has two categories. The first category is consumption according to needs that have a positive impact on individuals and the second category is consumption according to desires that have a negative impact on individuals. Despite having different consumption behaviors among informant, they agreed that someone can follow the Moslem fashion trend while still adjusting the concept of Islamic consumption if it combines internal and external factors.