Pariwisata memiliki peranan penting dalam sektor pembangunan perekonomian di wilayah kota Surabaya. Namun sebagian besar destinasi wisatanya belum banyak diketahui oleh masyarakat dalam maupun luar kota Surabaya. Perancangan photobook ini dibuat sebagai media untuk mengenalkan dan mempromosikan tempat wisata alam yang ada di kota Surabaya kepada masyarakat dengan menyajikan informasi berupa kumpulan foto landscape wisata alam Surabaya yang telah ditentukan berdasarkan hasil wawancara dan penelitian pada Dinas Pariwisata kota Surabaya. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi bagaiamanakah konsep, proses, dan juga hasil dari perancangan photobook tempat wisata alam di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga validasii. Hasil dari perancangan photobook ini dapat digunakan sebagai media promosi, referensi, dan juga menambah wawasan masyarakat terhadap wisata alam yang dimiliki kota Surabaya. Perancangan photobook ini sudah melalui tahapan validasi dan layak untuk digunakan.
Kata kunci : Wisata Alam, Surabaya, photobook, landscape
Tourism has an important role in the economic development sector in the city of Surabaya. However, most of the tourist destinations are not widely known by the public in and outside the city of Surabaya. The design of this photobook was made as a medium to introduce and promote natural attractions in the city of Surabaya to the public by presenting information in the form of a collection of photos of Surabaya's natural tourism landscape that has been determined based on interviews and research at the Surabaya City Tourism Office. The problems in this study include how the concept, process, and also the results of the design of photobooks of natural attractions in Surabaya. The method used in this study uses qualitative research methods, namely by conducting observations, interviews, documentation, and also validation. The results of the design of this photobook can be used as a media for promotion, reference, and also add to people's insights on the natural attractions of the city of Surabaya. The design of this photobook has passed the validation stage and is suitable for use.
Keywords: Nature Tourism, Surabaya, photobook, landscape