PENGARUH EDPUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
THE EFFECT OF EDPUZZLE AS LEARNING MEDIA FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ WRITING SKILL
Menulis merupakan kegiatan yang memungkinkan seseorang untuk berpikir secara mendalam, mengorganisasikan ide mereka ke dalam rangkaian kalimat, dan menyampaikan pesan secara efektif kepada pembaca. Belakangan ini, teknologi banyak memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, terutama bagi siswa yang ingin belajar menulis bahasa Inggris. Edpuzzle adalah alat pembelajaran inovatif yang dirancang untuk mengajarkan bahasa Inggris. Aplikasi ini merupakan alat pembelajaran berbasis konten video yang dapat dikembangkan untuk kepentingan siswa. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membantu para guru dalam menggunakan Edpuzzle sebagai alat untuk pembelajaran bagi siswa sekolah menengah pertama dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan mereka dalam menulis. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan menggunakan pendekatan pra-eksperimen. Sesuai dengan desain penelitian, peneliti telah memberikan tes tulis kepada 32 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Pretest dan posttest, yang merupakan asesmen menulis, merupakan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan ukuran efek untuk menilai efek yang ditimbulkan dari penggunaan Edpuzzle sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan menulis siswa sekolah menengah pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Edpuzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa kelas 8 SMP. Peneliti mengakui bahwa penelitian ini mungkin belum sempurna; ada beberapa hambatan dan kelemahan yang dialami selama proses penelitian. Sehingga, belum tentu apa yang ditemukan dalam penelitian ini dapat digeneralisasi untuk populasi yang lebih luas atau di luar negeri. Kata kunci: Edpuzzle, Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Inggris, Kemampuan menulis
Writing being an activity that allows individuals to think deeply, organize their thoughts into a sequence of sentences, and convey messages effectively to readers. These days, technology mostly contributes to education, particularly for students who wish to learn English writing. Edpuzzle is an innovative educational tool designed to teach English. This app is a video-content-based learning tool that may be developed for the benefit of the students. As thus, the key objective of the current research is to aid teachers in using Edpuzzle as a means of instruction for junior high school students with the objective to determine the effect it has on their abilities to write. The present research was conducted quantitatively and utilized a pre-experimental approach. According to the research's design, the researcher has given a writing assessment to 32 students as a sample over this research. Pretests and posttests, which are written assessments, were the research instruments utilized in this research. The research utilizes the validity test, normality test, hypothesis test, and effect size in order to assess the effect caused by deploying Edpuzzle as a means of instruction on junior high school students' abilities to write. The research came across that Edpuzzle were having significant effects on the abilities to write of 8th junior high school students. The researcher admits as the current study may not have been finest; there were several barriers or weaknesses experienced throughout the procedure. As an outcome, it is uncertain that what was discovered of the present research can be generalized to wider populations or overseas. Keywords: Edpuzzle, Learning Media, English Language Teaching, Writing Skills