Perancangan Animasi 3 Dimensi Sebagai Media Pengenalan Teknik Juho Beladiri Kempo
Designing 3 Dimensional Animation For Media Introduction To Juho Martial Art Techniques Kempo
Pada perkembangan teknologi saat ini, animasi dinilai menarik karena mampu menampilkan beraneka macam visual atau hal-hal menakjubkan yang dihadirkan oleh animasi. Pengenalan beladiri kempo masih banyak yang menggunakan media buku, hal itu dinilai kurang efektif karena hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. Selain itu, kempo kesulitan dalam mendemonstrasikan beladirinya untuk ekstrakulikuler di SMK Negeri 1 Dlanggu, karena kurangnya pemain yang ikut serta untuk membantu demonstrasi. Animasi ini akan mempermudah demonstrasi kepada siswa baru di SMK Negeri 1 Dlanggu dalam menangkap informasi tanpa menggunakan peraga langsung dari atlet kempo. Keunggulan dari animasi dijadikan alasan bagi penulis dalam menciptakan perancangan animasi 3D sebagai media pengenalan teknik juho beladiri kempo.
Proses perancangan animasi 3D tersebut melalui beberapa metode, yaitu identifikas masalah, pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Setelah proses perancangan selesai, video animasi akan ditampilkan ke semua siswa baru di SMK Negeri 1 Dlanggu untuk mendapatkan respon positif.
In current technological developments, animation is considered attractive because it can display a variety of visual or amazing things that are presented by animation. Kempo self-defense recognition still uses a lot of book media, this is considered less effective because it can only be seen from one side only. In addition, kempo had difficulty demonstrating self-defense for extracurricular activities at Dlanggu 1 Vacational High School, due to the lack of players participating in the demonstration. This animation will facilitate demonstrations to new students at Dlanggu 1 Vacational High School in capturing information without using a visual aid directly from a kempo athlete. The superiority of animation is used as an excuse for writers in creating 3D animation design as a medium for introducing the self-defense martial arts technique.
The process of designing 3D animation through several methods, that is problem identification, data collection by observation and interview. After the design process is finally, the animated video will be displayed to all new students in Dlanggu 1 Vacational High School to get a positive response.