PENGARUH ELEMEN VISUAL PADA KONTEN INSTAGRAM RINTIK SEDU DALAM MERAIH ENGAGEMENT AUDIENS
THE EFFECT OF VISUAL ELEMENTS ON RINTIK SEDU’S INSTAGRAM CONTENT IN REACHING AUDIENCE ENGAGEMENT
Instagram sebagai salah satu media untuk berkomunikasi juga dimanfaatkan oleh para seniman, konten kreator, dan sastrawan sebagai media untuk berekspresi dan membagikan karya. Hal ini juga dilakukan oleh Rintik Sedu, seorang penulis yang memiliki konten tentang berbagai quotes atau sajak menarik dan penuh makna seputar kehidupan, masa depan, dan cinta. Pesan-pesan verbal ini dikemas dengan bentuk visual yang khas dalam setiap unggahan di Instagramnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh elemen visual konten Instagram Rintik Sedu dalam meraih engagement audiens. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner online yang disebarkan kepada 100 responden dengan metode pengukuran skala Likert. Responden dalam penelitian merupakan pengguna Instagram yang menyukai akun sejenis Rintik Sedu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu statistik deskriptif. Instrumen penelitian diuji terlebih dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan software SPSS versi 22. Data disajikan dalam bentuk grafik yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa elemen- elemen visual berpengaruh dalam meraih engagement audiens, dengan variabel yang paling dominan yaitu elemen huruf atau tipografi.
Instagram as a media for communication is also used by artists, content creators, and writers as a medium to express and share their artworks. This is also done by Rintik Sedu, a writer who has content about various meaningful quotes about life, future, and love. These verbal messages are packaged in a distinctive visual form in every post on her Instagram account. The purpose of this study was to determine the effect of the visual elements of Rintik Sedu's Instagram contents in gaining audience engagement. This study is a quantitative research that aims to prove the effect of the independent variables on the dependent variable. The instrument used was an online questionnaire that distributed to 100 respondents using the Likert scale method. Respondents in this research were Instagram users who were interested in Instagram accounts like Rintik Sedu. The data analysis technique used in this research is descriptive statistics. The instrument was examined first by validity and reliability tests using SPSS version 22 software. The data were presented in graphical chart which were then analyzed descriptively. Based on the results of the analysis, it shows that visual elements are influential in gaining audience engagement, with the most dominant variable is typography.