TINJAUAN TEKNIK PERMAINAN ALAT MUSIK PIANO PADA LAGU ”ALLEGRO BARBARO SZ. 49” KARYA BELA BARTOK
A REVIEW OF PIANO PLAYING TECHNIQUE IN ALLEGRO BARBARO SZ. 49 BY BELA BARTOK
Penelitian ini fokus pada teknik dan implementasi permaianan piano dari karya Bela Bartok yang berjudul "Allegro Barbaro Sz. 49" komposisi ini di ciptakan di era modern pada tahun 1911 dan pertama kali dipublikasikan pada tahun 1912. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara narasumber, observasi, dan dokumentasi. Pembahasan yang dilakukan mengacu pada implementasi dan teori teknik permainan piano. Teori yang dipakai untuk melakukan peneliti komposisi ini merupakan teori milik Louis Kentner. Salah satu aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah penggunaan tangga nada pentatonik, diatonik (whole tone), dan kromatik dalam komposisi. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti faktor ritme yang kuat, tanda tempo Giusto (76-84 Bpm) dengan sukat 2/4, perbedaan dinamika yang signifikan, dan jumlah birama yang mencapai 224. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik permainan piano yang digunakan dalam karya tersebut, termasuk penggunaan chord, accent, marcato, tenuto, staccato, legato, legatura, sustain, dan implementasi teknik-teknik ini dalam repertoar tersebut.
This research focused on the piano playing technique and implementation of Bela Bartok's "Allegro Barbaro Sz. 49". This composition was created in the modern era in 1911 and first published in 1912. This research employed a descriptive qualitative approach and gathered the data through interviews, observation, and documentation. The discussion refers to the implementation and theory of piano playing techniques. Louis Kentner theory was applied to conduct this composition research. One of the aspects scrutinized in this research is the application of pentatonic, diatonic (whole tone), and chromatic scales in compositions. In addition, this study also emphasized the solid rhythmic factors, Giusto tempo signature (76-84 Bpm) with a 2/4 beat, the significant dynamic differences, and the number of beats reaching 224. This study aims to describe the piano playing techniques in this piece, including the application of chord, accent, marcato, tenuto, staccato, legato, ligature, and sustain, and the implementation of these techniques in the repertoire.