Merokok merupakan kegiatan sehari-hari sebagian masyarakat, dimana merokok bukan saja dilakukan oleh orang dewasa namun sudah merambah pada kalangan remaja bahkan anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media leaflet yang layak dalam memberikan pemahaman bahaya merokok pada siswa sekolah dasar serta mengetahui keefektifan dari penggunaan media leaflet tersebut. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Brog & Gall yang dibatasi sampai tahap keenam. Keenam tahap tersebut meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk dan uji coba lapangan. Dimana pada uji coba lapangan, produk diujikan pada 31 siswa kelas V SD dengan menggunakan angket dan soal uraian pemahaman bahaya merokok sebelum dan sesudah diberikan media. Data-data dikumpulkan melalui angket validasi media leaflet uji ahli dan uji calon pengguna, angket pre test dan post test pemahaman bahaya merokok serta soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media leaflet memenuhi kriteria akseptabilitas dimana aspek kegunaan, ketepatan, kepatutan dan kelayakan masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan media leaflet dapat meningkatkan pemahaman bahaya merokok pada siswa kelas V SD.
Smoking is daily activity of some people, where smoking is not only done by adults but also spread to adolescence and even elementary school children. This research is development research that was intended to produce a product leaflet that is feasible in providing an understanding of the dangers of smoking for elemantary students and know the effectiveness of the use of the leaflet. The development research refers to the Brog & Gall’s model restricted to the sixth stage. The six stage include research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing. In the field trial, the product was tested on 31 students of elementary school using questionnaries and problem description. Data collected through a validation rating of expert test and prospective users’s tests, pre test and post test of understanding the dangers of smoking and problem description. The results showed that leaflet media products met acceptability criteria where aspects of usability, accuracy, propriety and feasibility belonged to the excellent category. The results of field trials showed that leaflet media can improve the understanding of dangers of smoking in fifth grade students of elementary school.