Tri Wrahatnolo , 2019. Faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap Employability Skills Siswa Kompetensi Keahlian Teknik
Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri di
Provinsi Jawa Timur. Disertasi . Program Studi S3 Pendidikan Vokasi, Pascasarjana
Universitas Negeri
Surabaya . Pembimbing (I) Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd., dan (II) Prof. Dr. Munoto, M.Pd.
Kata -kata Kunci :
efikasi-diri,
metakognisi, karakter, employability skills, teknik instalasi tenaga
listrik,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap employability skills.
Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif tipe eksplanatori . P engambilan
data dengan metode survey melalui observasi, angket dan tes. Konstruk
efikasi-diri, metakognisi, karakter, dan employability skills dijaring melalui
angket ( measure of typical
performance , MTP ), sedangkan kemampuan teori dan
keterampilan praktik melalui tes ( measure
of maximum performance ,
MMP ). Populasi penelitian adalah siswa kompetensi
keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada SMK di Provinsi Jawa Timur.
Sampel penelitian sebanyak 447 orang siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling . Pe ngambilan data dilakukan
pada awal Desember 2018 hingga akhir Januari 2019. Teknik analisis data
menggunakan sequential equation
model (SEM), yang terdiri
dari model pengukuran dan model
struktural. Analisis model pengukuran
menghasilkan konstruk-konstruk penelitian yang fit dengan data. Model struktural menggambarkan hubungan kausal atau
prediktif antara variabel eksogen dengan endogen. Variabel eksogen terdiri dari
efikasi-diri, kemampuan teori, keterampilan praktik,
metakognisi dan
karakter. Variabel endogen adalah e mployability skill . Pengujian model struktural menggunakan Program AMOS pada SPSS versi
23.0. Dari hasil analisis model struktural,
menunjukkan model fit secara signifikan dengan data, dengan estimasi
koefisien regresi standar (SRW) yang signifikan (p<0,001). Hasil
penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh efikasi-diri terhadap kemampuan
teori, keterampilan praktik, metakognisi dan Employability skills ;
(2) ada pengaruh antara kemampuan teori terhadap keterampilan praktik,
karakter, metakognisi; (3) ada pengaruh antara keterampilan praktik terhadap
metakognisi dan employability skills ; (4) ada pengaruh antara
metakognisi terhadap karakter dan employability
skills ; (5) tidak ada pengaruh antara efikasi-diri terhadap karakter,
praktik terhadap karakter, kemampuan teori
terhadap employability skill dan antara karakter terhadap employability
skills. Tingkat pengaruh yang tinggi terjadi pada hubungan antara
efikasi-diri terhadap keterampilan praktik, diikuti berturut-turut metakognisi
ke karakter, efikasi-diri ke metakognisi, efikasi-diri ke kemampuan teori,
keterampilan praktik ke employability skills, metakognisi ke employability
skills, efikasi-diri ke employability skills , sedangkan pengaruh
yang terrendah ditemukan pada kemampuan teori ke metakognisi dan keterampilan
praktik