METODE FORWARD CHAINING DALAM PERSONAL HYGIENE KETERAMPILAN MEMAKAI PEMBALUT BAGI SISWI TUNAGRAHITA RINGAN
FORWARD CHAINING METHODS TO PERSONAL HYGIENE SKILLS WEARING SANDARY NAPKINS FOR INTELLECTUAL DISABILITY STUDENTS
Anak tunagrahita memiliki kemampuan intelektual yang rendah yang menyebabkan penderita tidak mampu melakukan keterampilan personal hygiene dengan baik dan cenderung membutuhan orang lain untuk membantu. Anak tunagrahita harus memiliki keterampilan personal hygiene agar bisa merawat dirinya sendiri termasuk keterampilan memekai pembalut. Pembelajaran keterampilan personal hygiene membutuhkan metode yang tepat, salah satunya metode foward chaining. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode foward chaining dalam meningkatkan personal hygiene keterampilan memakai pembalut pada anak tunagrahita ringan. Metode penelitian ini menggunakan metode literature review yang dapat menghasilkan suatu artikel ilmiah dari kajian beberapa referensi berbagai sumber yang relevan. Teknik analisis dalam penelitian ini, menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, bahwasannya terdapat pengaruh metode forward chaining terhadap tingkat keterampilan memakai pembalut yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pengetahuan anak tunagrahita ringan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungannya.
Kata kunci: forward chaining, personal hygiene, keterampilan memakai pembalut, tunagrahita ringan
Children with mental retardation have low intellectual abilities which cause sufferers to be unable to perform personal hygiene skills well and tend to need other people to help. Children with mental retardation must have personal hygiene skills in order to take care of themselves, including the skills to wear sanitary napkins. Learning personal hygiene skills requires the right method, one of which is the forward chaining method. This study aims to describe the foward chaining method on improving personal hygiene in the skills of wearing sanitary napkins in mild mentally retarded children. This research method uses the literature review method which can produce a scientific article from the study of several references from various relevant sources. The analysis technique in this study uses descriptive qualitative analysis. The results of this study, that there is an effect of the forward chaining method on the skill level of using sanitary napkins which is very much needed for the development and knowledge of mild mentally retarded children both for themselves and for their environment.
Key words: forward chaining, personal hygiene, sanitary napkin skills, mild mental retardation