HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA GURU
THE RELATIONSHIP BETWEEN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT WITH TEACHERS' READINESS TO CHANGE
Perubahan yang dinamis dalam organisasi mengharuskan individu memiliki kesiapan untuk berubah yang baik agar terus mampu beradaptasi. Kesiapan untuk berubah salah satunya dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan organisasi terhadap karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan kesiapan untuk berubah pada guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 44 guru yang dipilih menggunakan teknik penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala persepsi dukungan organisasi dan skala kesiapan untuk berubah dengan menggunakan jenis skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi person product moment dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi (p) sebesar 0.00 (p<0.05) yang bermakna bahwa terdapat hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan kesiapan untuk berubah, dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.703 (r=0.703) yang menunjukkan kategori korelasi antar variabel yang masuk dalam kategori kuat. Hubungan antar variabel juga menunjukkan arah yang positif yang berarti bahwa semakin tinggi persepsi dukungan organisasi maka akan semakin tinggi pula kesiapan untuk berubah seseorang. Sebaliknya semakin rendah persepsi dukungan organisasi maka akan semakin rendah pula kesiapan untuk berubah seorang individu.
Dynamic changes in organizations require an employee to have an excellent readiness to change to be adaptable. One of the factors that affect readiness to change is employee’s perceived organizational support. This study aims to determine the relationship between perceived organizational support and readiness to change in teachers. This research uses quantitative research methods. The subjects of this study were 44 teachers who were selected using population technique. The data collection technique was carried out using a perceived organizational support and a readiness to change using the Likert scale. The data was analyzed using the pearson product moment correlation test using spss 25.0 for windows. The results of the analysis show 0.00 (< 0.05) which means there is relationship between perceived organizational support with readiness to change and the correlation coefficient value of 0.703 (r=0.703) show that both variabel have a strong correlation. The relationship between variables also shows a positive direction, which means that the higher the perceived organizational support, the higher readiness to change. Conversely, the lower the perceived organizational support, the lower the readiness to change an individual