PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL INTERAKTIF MATERI POKOK PENYUSUNAN NERACA LAJUR DAN LAPORAN KEUANGAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR JURUSAN PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOMBANG
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA E-MODULE SUBJECT MATTER OF BALANCE SHEET PREPARATION AND FINANCIAL REPORT OF BASIC ACCOUNTING SUBJECTS MAJORING IN BANKING AND MICROFINANCE TO IMPROVE STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS X SMK NEGERI 1 JOMBANG
Pengembangan media E-modul pada penelitian ini adalah untuk (1) Produk akhir pembelajaran e-modul materi Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan siswa kelas X Jurusan (PKM) SMKN 1 Jombang (2) Mengetahui Kelayakan Pembelajaran e-modul Materi Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan siswa kelas X (PKM) SMKN 1 Jombang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembang R&D menurut sugiyono (2017). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan uji kelayakan ahli materi, dan ahli media. Berdasarkan analisis data, hasil peruntukan media diagnostik penelitian ini kepada ahli materi dan ahli media dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 81% -100%. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran e-modul materi Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan siswa kelas X (PKM) SMKN 1 Jombang layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media E-Modul Pembelajaran, Penyusunan Neraca Lajur dan Laporan Keuangan, Akuntansi Perusahaan Jasa.
The development of the E-module media in this research is for (1) The final product of e-module learning material for the Compilation of Work Sheet Balance and Financial Statements for class X students of SMKN 1 Jombang (2) Knowing the Feasibility of e-Module Learning Material for Worksheet Compilation and Class X student financial reports (PKM) SMKN 1 Jombang. The development model used in this development research is the R&D developer model according to Sugiyono (2017). The instruments used for data collection were due diligence of material experts and media experts. Based on data analysis, the results of the allocation of the diagnostic media for this study to material experts and media experts were categorized as very good, namely 81% -100%. So it can be concluded that the e-module learning material for the preparation of work sheet balance and financial reports for class X students (PKM) at SMKN 1 Jombang is suitable for use in the learning process.
Keywords: Development, Learning E-Module Media, Preparation of Work Sheet and Financial Statements, Accounting for Service Companies