Penelitian ini menggambarkan analisis kontrol sistem pengereman pada motor induksi. Sistem pengereman menggunakan metode plugging adalah implementasi dari sistem pengereman yang diterapkan dengan mengubah arah motor agar motor menghasilkan tenaga torsi yang seimbang dan membuat daya melambat. Pergantian arah motor dilakukan dengan mengurangi putaran balik motor. Oleh karena itu, diperlukan zero speed switch sebagai pengendali.
Waktu berhenti motor yang diukur lebih cepat daripada sistem pengereman normal. Nilai waktunya adalah 7 detik untuk metode pengereman tanpa zero speed switch dan 24 detik pada sistem pengereman normal. Selain itu, arus stator lebih kecil pada pada pengereman motor menggunakan metode plugging,baik menggunakan zero speed switch maupun tidak dibanding pengereman motor biasa. Hasilnya bisa dibuktikan dengan arus stator 0,7 dan 0,5 Volt.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja zero speed switch.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan peralatan untuk pengereman motor serta menggunakan zero speed switch. Penelitian ini dilakukan di lab instalasi Universitas Negeri Surabaya dan waktu pelaksanaannya dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019.
Hasil dari penelitian pengereman elektrik dengan membalikkan arah putar motor menggunakan zero speed switch sebagai pengendali yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa zero speed switch dapat bekerja sesuai dengan perintah yang diinginkan untuk mengurangi putaran motor dan mengetahui prinsip kerja pengereman tersebut.
Kata Kunci: Pengereman Motor Listrik, Zero Speed Switch
This study describes the analysis of the braking system control on an induction motor. The braking system using the plugging method is an implementation of the braking system that is applied by changing the direction of the motor so that the motor produces a balanced torque power and makes the power slow down. The change of direction of the motor is done by reducing the turning speed of the motor. Therefore, a zero speed switch is needed as a controller.
The motor stop time is measured faster than the normal braking system. The time value is 7 seconds for the braking method without a zero speed switch and 24 seconds on a normal braking system. In addition, the stator current is smaller in motor braking using the plugging method, whether or not using a zero speed switch compared to ordinary motor braking. The result can be proved by the stator current 0.7 and 0.5 Volt.
Based on this background, research is needed to determine the performance of zero speed switches.
This study uses a quantitative approach and equipment for braking a motor and using a zero speed switch. This research was carried out in the Surabaya State University installation lab and the implementation time was carried out in the even semester of the 2018/2019 academic year.
The results of the electric braking study by reversing the motor rotation direction using a zero speed switch as a controller have been done, it can be seen that Zero speed switch can work in accordance with the desired command to reduce motor rotation and know the working principle of braking.
Keywords: Braking Electric Motor,Zero Speed Switch