EVALUASI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMP NEGERI 19 DAN SMP NEGERI 32 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SURABAYA
EVALUATION OF PENCAK SILAT EXTRACURRICULAR MANAGEMENT FOR SMP NEGERI 19 AND SMP NEGERI 32 DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN SURABAYA CITY
Charbi, 2017, Evaluasi manajemen ekstrakurikuler pencak pilat SMP Negeri 19 dan SMP Negeri 32 pada masa pandemi covid-19 Di Kota Surabaya, Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Purbodjati, M.S.dan (II) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd.
Kata-kata kunci: Pencak silat, manajemen ekstrakurikuler SMP Negeri 19 dan SMP Negeri 32 pada masa pandemi covid-19 Di Kota Surabaya, Analisis SWOT.
Salah satu strategi yang mendasar dalam upaya mengembangkan olahraga pencak silat di Kota Surabaya adalah melakukan pembinaan khusus melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di sekolah, karena sekolah merupakan titik awal ditemukannya atlet-atlet berpotensi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan (Strengths), kelemahan (weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dari manajemen ekstrakurikuler pencak silat yang meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan yang dimiliki oleh SMP Negeri 19 dan SMP Negeri 32 di Kota Surabaya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluative (Evaluation Research) dengan menggunakan metode deskriptif. Desain evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT.
Hasil dan simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler pencak silat SMP Negeri 19 Surabaya baik, sedangkan SMP Negeri 32 Surabaya belum bias dikatakan baik. Peneliti telah melakukan analisis yang lebih mendalam terhadap kekuatan (Strengths), kelemahan (weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dari manajemen ekstrakurikuler pencak silat yang meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan yang dimiliki oleh SMP Negeri 19 dan SMP Negeri 32 di Kota Surabaya, sehingga dihasilkan sebuah rekomendasi bagi SMP Negeri 19 Surabaya dan SMP Negeri 32 Surabaya.
Charbi, 2017, EVALUATION OF PENCAK SILAT EXTRACURRICULAR MANAGEMENT FOR SMP NEGERI 19 AND SMP NEGERI 32 DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN SURABAYA CITY, Thesis, Sport Education Study Program. Post Graduate State University Surabaya. Supervisor (1) Dr. Purbodjati, MS and (2) Dr. Advendi Cristiyandaru, S.Pd.,M.Pd.
Keyword : Pencak Silat, Extracurricular Management for SMP Negeri 19 and SMP Negeri 32 During The Covid-19 Pandemic in Surabaya City, SWOT Analysis.
One of the fundamental strategies in and efford to develop the sport of pencak silat in the city of Surabaya is to do coaching specifically through extracurricular activities of pencak silat at school, because school is the starting point for finding potential athletis.
The purpose of this study is to determine the strength, weakness opportunities, and threats of pencak silat extracurricular management which includes planning, organising, implementing and monotoring owned by SMP Negeri 19 and SMP Negeri 32 in the city of Surabaya.
The approach used in this research is the approach qualitative. this research is tipe is a tipe of evaluative research using deskriptif method. the evaluation desaign used in this research is SWOT analysis.
The Results and conclusions of this study indicate that management the pencak silat extracurricular at SMP Negeri 19 Surabaya is good, while SMP Negeri 32 Surabaya can not be said to be good. Researchers have done deeper analysis of strengths, weaknees, opportunities and treats of pencak silat extracurricular management which includes planning, organization, implementation and supervision of SMP Neger 19 and SMP Negeri 32 in the city of Surabaya, so that the resulting a recomenndation for SMP Negeri 19 Surabaya and SMP Negeri 32 Surabaya.