KONSEP DIRI DRIVER DALAM KEBIJAKAN GOJEK
DRIVER'S SELF-CONCEPT IN GOJEK POLICY
Kebijakan GOJEK yang kerap berubah, dianggap tidak menguntungkan driver sebagai mitra kerja. Dampaknya adalah driver kerap menggunakan cara kerja yang tidak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) demi keuntungan sendiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep diri dari George Herbert Mead yaitu I(ego), driver melakukan tindakan diluar SOP GOJEK dan ME yaitu driver bertindak sesuai dengan SOP GOJEK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan perspektif driver terhadap perubahan kebijakan. Subjek dalam penelitian ini diambil secara purposive, yaitu driver yang minimal dua tahun berkecimpung di dunia GOJEK. Data yang diambil dibagi menjadi dua, yaitu data primer (wawancara dan obervasi) dan sekunder (berita di internet). Penelitian ini menunjukkan dualisme sikap driver dalam cara bekerja, pelayanan dan ketika menghadapi perubahan kebijakan. Driver dominan menunjukkan sikap I dalam menyikapi perubahan kebijakan. Sikap tersebut lebih mudah ditunjukkan seperti melakukan komplain terhadap peraturan GOJEK. Sedangkan dalam bekerja seperti cara mendapatkan order yang diinginkan dan pelayanan terhadap pelanggan, driver dominan menunjukkan sikap ME. Sikap tersebut dijadikan langkah aman agar tetap bisa bekerja sebagai driver GOJEK.
The GOJEK policy which often changes, is considered unfavorable to drivers as partners. The impact is that drivers often use methods that don’t comply with SOP (Standard Operating Procedures) for their own benefit. The theory used in this study is the self-concept of George Herbert Mead namely I (ego), the driver takes action outside the GOJEK SOP and ME, the driver acts according to the GOJEK SOP. This study uses a qualitative approach to describe the perspective of drivers of policy change. The subjects in this study were taken purposively, namely a driver who had a minimum of two years working in the world of GOJEK. The data taken is divided into two, namely primary data (interviews and observation) and secondary (news on the internet). This research shows the dualism of the attitude of drivers in the way they work, service and when facing changes in policy. The dominant driver shows the attitude I in responding to policy changes. This attitude is more easily demonstrated like making a complaint to the GOJEK regulations. Whereas in working as a way to get the desired order and service to customers, the dominant driver shows ME attitude. This attitude is used as a safe step to continue working as a GOJEK driver.