Munandar, K. 2019. Model Learning Cycle NAPIME Terintegrasi TIK pada Pembelajaran Mikrobiologi untuk Mengembangkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru Biologi. Disertasi, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Muslimin Ibrahim M.Pd dan Ko-Promotor: Prof. Dr. LenyYuanita, M.Kes.
Tuntutan abad ke 21 mengharuskan sistem pendidikan dapat mempersiapkan siswanya untuk berhasil dalam persaingan global dan masalah ekonomi untuk dekade berikutnya. Siswa akan siap untuk berpikir, belajar, bekerja, memecahkan masalah, berkomunikasi, melek TIK, berkolaborasi, dan berkontribusi secara efektif sepanjang hidup mereka. Guru harus mampu mengembangkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran berbasis TIK. Untuk itu diperlukan keterampilan pedagogik yang terintegrasi TIK pada calon guru, termasuk calon guru biologi yang nantinya akan menjadi guru. Tujuan penelitian adalah menghasilkan model learning cycle NAPIME terintegrasi TIK pada pembelajaran mikrobiologi untuk mengembangkan keterampilan pedagogik calon guru biologi yang valid, praktis, dan efektif. Model learning cycle NAPIME terintegrasi TIK terdiri atas empat tahap, yaitu 1) Need Assessment, 2) Planning, 3) Implentation & Monitoring, dan 4) Evaluation yang terintegrasi TIK dan untuk menterampilkan dikuatkan secara imersi dan refleksi. Metode penelitian, jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (Borg & Gall, 1983). Teknik pengumpulan data digunakan: 1) angket, 2) wawancara, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data pada tahap pendahuluan digunakan analisis kualitatif. Pada uji validitas digunakan confirmatory factor analysis, yaitu model divalidasi oleh ahli melalui focus group discussion. Untuk uji keterbacaan buku pembelajaran mikrobilogi digunakan grafik Fry, sedangkan untuk uji kepraktisan dan keefektifan digunakan metode eksperimen. Eksperimen dilakukan pada mahasiswa pendidikan biologi FKIP UMJ dengan kelompok eksperimen sebanyak dua kelas dan kelompok kontrol sebanyak satu kelas. Perbandingan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dianalisis dengan Uji One-Way Anova untuk memperlihatkan efektifitas model learning cycle NAPIME terintegrasi TIK. Hasil penelitian, model LC NAPIME terintegrasi TIK beserta perangkat pembelajaran secara konstruk diperoleh nilai modus kategori valid, sedangkan untuk buku pembelajaran mikrobologi diperoleh nilai modus kategori sangat valid oleh para ahli. Derajat kepraktisan perangkat pembelajaran bagi mahasiswa adalah praktis.Hasil analisis dengan grafik Fry diperoleh bahwa ke lima buku/hand-out pembelajaran materi mikrobiologi berada pada daerah valid dan berada pada peringkat keterbacaan 13 (dapat digunakan untuk kelas 13 atau untuk mahasiswa). Efektifitas model dengan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti efektif. Berdasar hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model learning cycle NAPIME terintegrasi TIK pada pembelajaran mikrobiologi untuk mengembangkan keterampilan pedagogik calon guru biologi dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: model learning cycle NAPIME terintegrasi TIK, pembelajaran mikrobiologi, keterampilan pedagogik, calon guru biologi.
ABSTRACT
Munandar, K. 2019. Learning Cycle NAPIME Model Integrated ICT on Microbiology Learning to Develop Pedagogical Skills for Prospective Teachers of Biology. Dissertation, Science Education Study Program, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Promoter: Prof. Dr. Muslimin Ibrahim M.Pd and Co-Promoter: Prof. Dr. LenyYuanita, M.Kes.
The demands of the 21st century require the education system to prepare students to succeed in global competition and economic problems for the next decade. Students will be ready to think, learn, work, solve problems, communicate, ICT literacy, collaborate, and contribute effectively throughout their lives. Therefore teachers must be able to develop planning, implementation, and evaluation of ICT-based learning. For this reason, we need pedagogical skills integrated with ICT for prospective teachers, including prospective biology teachers who will later become teachers. This study aims to produce Learning Cycle NAPIME Model Integrated ICT on Microbiology Learning to Develop Pedagogical Skills for Prospective Teachers of Biology that valid, practical and effective. The integrated ICT NAPIME learning cycle model consists of four stages, namely 1) Need Assessment, 2) Planning, 3) Implication & Monitoring, and 4) Evaluation that is integrated with ICT and for display is reinforced immersion (dabbling or repeated continuously) and reflection. This type of research is Research and Development which is carried out using the model of Borg & Gall (1983). Data collection techniques are used: 1) questionnaire, 2) interview, 3) observation, and 4) documentation. Data analysis techniques at the preliminary stage are used qualitative analysis. In the validity test used confirmatory factor analysis, that is the model was validated by experts through focus group discussion. For readability test microbial learning books used Fry graph, while for practicality and effectiveness test used the experimental method. The experiment was conducted on biology education students FKIP UMJ with an experimental group of two classes and a control group of one class. Comparison of results between the experimental group and the control group was analyzed by the ANOVA One-Way Test to show the effectiveness of the ICT integrated NAPIME learning cycle model. The constructive model and learning tools obtained by the valid category values, while for the microbiology learning book, the values of the category were very valid by experts. The degree of practicality of learning tools for students is practical. From the results of the analysis with Fry charts, it was found that the five books/hand-outs of learning microbiology material are in valid areas and are in the readability rating of 11 to 13 (can be used for grades 11 to 13). The effectiveness of the model with a significance value of <0.05 which means effective. Based on these results it can be concluded that the integrated ICT NAPIME learning cycle model in microbiology learning to develop pedagogical skills of biology teacher candidates is declared valid, practical, and effective.