IDENTITAS VISUAL UMKM ARVANO COOKIES NGANJUK
VISUAL IDENTITY OF ARVANO COOKIES NGANJUK
Arvano Cookies adalah sebuah Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang kue kering dan memiliki kualitas baik dan premium. Permasalahan yang ada pada UMKM Arvano Cookies adalah tidak memahaminya sebuah identitas visual, terbukti dari label yang digunakan tidak seiras dengan kualitas produk dan masih melanggar pedoman serta hak cipta dan didapatkan melalui internet. Oleh karena itu, dibutuhkan identitas visual yang seiras dengan kualitas produk dan sesuai dengan pedoman desain.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna untuk menggali dan mengelola data dari UMKM Arvano Cookies dilanjtukan dengan menganalisis data menggunakan metode 5W+1H dan Existing yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan UMKM Arvano Cookies.
Hasil dari penelitian ini berupa logo, label, dan kemasan serta GSM dan media pendukung lainnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan identitas visual yang seiras dengan kualitas produk dan memberikan citra yang dapat melekat pada konsumen. Selain itu, dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.
Arvano Cookies is a micro business engaged in pastries and has good and premium quality. The problem that exists in Arvano Cookies is that they do not understand what a visual identity is, as shown by the label used that does not represent product quality and still violates guidelines and copyrights and was obtained via the internet. Therefore, a visual identity is needed that represents its product quality and in accordance with design guidelines.
This study uses qualitative methods to explore and manage data from UMKM Arvano Cookies followed by analyzing data using the 5W + 1H and Existing methods which aim to find out how the condition of Arvano Cookies is.
The results of this study are in the form of logos, labels and packaging as well as GSM and other supporting media. The results of this study are expected to be able to provide a visual identity that can represent its product quality and gives good image that clings to its consumers, and so it can also compete with its similar competitors.