STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
TEACHER'S STRATEGY IN LEARNING MANAGEMENT TO IMPROVE STUDENT'S LEARNING ACHIEVEMENT
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis strategi guru dalam pengelolaan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, maka dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukkan bahwa strategi mengajar guru menggunakan Strategi pembelajaran yang memiliki berbagai macam model diataranya yaitu strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan individu dan pendekatan kelompok ,metode pembelajaran agar guru dan siswa lebih mudah dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dikuasai oleh seorang guru. Strategi mengajar guru yang memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam upaya menghasilkan kualitas peserta didik yang berilmu pengetahuan, cerdas, berwawasan, berakhlak muliah dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
The purpose of writing this scientific article is to find out, explain and analyze teacher strategies in learning management to improve student achievement. The method used in writing scientific articles is using literature study. Data were collected through the study of relevant texts and research results. Data analysis was carried out in the following steps: first, the data that had been collected was classified based on the formulation of the problem being studied. Second, the data that was studied qualitatively were analyzed using content analysis. Third, based on the results of the analysis and interpretation of the data, conclusions are drawn which are equipped with suggestions. The results of scientific research indicate that the teacher's strategy uses learning strategies that have various models including learning strategies using individual approaches and group approaches, learning methods so that teachers and students are easier and improve the quality of learning that is mastered by a teacher. Teachers' teaching strategies have a very important role in improving student achievement in an effort to produce quality students who are knowledgeable, intelligent, insightful, have noble character and are able to improve student achievement.