TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KLUB BUNGA BATU
CUSTOMER SATISFACTION LEVEL ON QUALITY OF SERVICE AT THE BATU FLOWER CLUB
Kepuasan pelanggan dalam industri jasa dapat kita peroleh dengan cara peningkatan kualitas pelayanan karena ini adalah aspek yang sangat penting. Dengan mempertahankan pelanggan maka dapat dikatakan usaha tersebut sukses dalam melakukan persaingan usaha. Dalam hal produk, manusia, jasa, dan lingkungan sangat mempengaruhi kualitas tersebut sehingga dapat memenuhi harapan konsumen. Peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian bagaimana tingkat kepuasaan member terhadap pelayanan yang diberikan kepada Klub Bunga Batu. Bagaimana kualitas pelayanan yang di berikan di Klub Bunga Batu apakah sudah merasa puas atau belum terhadap jasa pengelola yang dijalankan oleh Klub Bunga Batu dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan angket kepada member Klub Bunga Batu. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa secara keseluruhan Kepuasaan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Klub Bunga Batu berdasarkan dimensi Tangibles terdapat 14 member (70%) dalam kategori sangat baik, 6 member (30%) dalam kategori baik, 0 member (0%) dalam kategori cukup dan 0 member (0%) dalam kategori tidak baik, dan 0 member (0%) dalam kategori sangat tidak baik. Hal ini menunjukan bahwa pada dimensi Tangibles kategori sangat baik.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Konsumen
Service quality is an important aspect in the service industry in shapingcustomersatisfaction who uses it. Success in competition will be fulfilled if the companycancreate and retaincustomers. Quality is a dynamic condition that affectsproducts, services, people, processes and the environment that meet or exceedexpectations. The researcherwishes to conduct research on the level of member satisfaction with the services provided to the Bunga Batu Club. What is the quality of service provided at the Bunga Batu Club, whether or not you are satisfied with the management services carried out by the Bunga Batu Club with descriptive qualitative research methods. The technique of collecting data is by giving a questionnaire to the Bunga Batu Club members. From the research results it can be explained that overall consumersatisfaction with service quality at Klub Bunga Batu based on Tangibles dimensions there are 14 members (70%) in the very good category, 6 members (30%) in the good category, 0 members (0%) in the category. enough and 0 members (0%) in the bad category, and 0 members (0%) in the very bad category. Thisshows that the Tangibles dimension is very good.
Keywords: Service Quality, Customer and Consumer Satisfaction