PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE XIAOMI
Perkembangan teknologi komunikasi smartphone yang semakin canggih berdampak meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia.. Salah satu smartphone yang banyak diminati adalah Xiaomi, smartphone Xiaomi merupakan salah satu merek yang memiliki kualitas produk yang baik dan dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Jumlah respoden yang digunakan sebanyak 100 responden yang mengetahui terkait smartphone Xiaomi. teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilty sampling dengan metode purpose sampling yang diperoleh melalui kuesioner online. Teknik analisis yang digunakan yaitu Regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli konsumen, sehingga semakin tinggi kualitas produk dan citra merek smartphone Xiaomi maka dapat meningkatkan niat beli konsumen terhadap smartphone Xiaomi. Implikasi penelitian ini, Xiaomi harus memperhatikan kualitas produk dan citra merek terutama terkait fitur canggih dan spesifikasi tinggi tetapi dengan harga terjangkau, sebab hal ini salah satu alasan mengapa konsumen berniat membeli smartphone Xiaomi
The development of increasingly sophisticated smartphone communication technology has an impact on increasing smartphone users in Indonesia. One of the smartphones that are in great demand is Xiaomi, the Xiaomi smartphone is one of the brands that have good product quality and is widely known by the people in Indonesia. The type of research used is quantitative. The number of respondents used was 100 respondents who knew about Xiaomi smartphones. The sampling technique used was non-probability sampling with a purposive sampling method obtained through an online questionnaire. The analysis technique used is multiple linear regression which aims to test the effect between variables. The results of this study indicate that there is a significant and positive effect between product quality and brand image on consumer purchase intentions, so that the higher the product quality and brand image of Xiaomi smartphones, the higher consumers' purchase intentions for Xiaomi smartphones. This research implies that Xiaomi should pay attention to product quality and brand image, especially regarding advanced features and high specifications but at an affordable price, because this is one of the reasons why consumers intend to buy Xiaomi smartphones