IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING PADA MASA PANDEMI DI SD SEKECAMATAN PLOSO
IMPLEMENTATION OF SPORTS PHYSICAL EDUCATION AND HEALTH ONLINE TEACHING IN THE PANDEMIC ERA AT PLOSO SUBDISTRICT ELEMENTARY SCHOOLS
Riset berikut bertujuan guna memahami implementasi pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) secara daring di masa pandemi di SD Sekecamatan Ploso. Jenis riset berikut ialah studi deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data memakai google form dengan 10 indikator. Teknik analisa data mempergunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Populasi pada riset berikut adalah pengajar PJOK SD Sekecamatan Ploso sejumlah 21 guru. Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti, SD Sekecamatan ploso memiliki kualitas pembelajaran yang lebih maju dibandingkan dengan kecamatan lainnya selain itu peneliti juga mengajar di salah satu SD di kecamatan Ploso sehingga memudahkan dalam mengambil data dan melakukan pengamatan secara langsung bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring. Dan hasilnya dalam pembelajaran daring tersebut pelajar merasakan sejumlah hambatan khususnya di mata pelajaran PJOK (pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan). Hasil riset ini memberi informasi perihal 10 parameter yang dipakai dalam memahami implementasi pembelajaran yang dijalankan seorang pengajar PJOK SD Sekecamatan Ploso menyatakan bahwasanya seluruh pengajar memberi pembelajaran PJOKdalam situasi pandemi. Materi pembelajaran yang disampaikan pengajar telah selaras terhadap RPP sebanyak 86% dan sebanyak 67% aplikasi Whatsapp Grup merupakan aplikasi yang banyak digunakan. Orang tua pelajar beserta pendidik turut andil dalam kelangsungan aktivitas belajar mengajar daring. Pada aktivitas evaluasi guru menilai sesuai dengan keselarasan tugas-tugas dan ujian yang dikumpulkan dan pengajar menyatakan bahwasanya evaluasi pada pelajar kurang efektif. Kesimpulan dari riset berikut yaitu implementasi pembelajaran PJOKdi SD se kec-Ploso dalam katagori baik.
This research aims to understand the implementation of sports physical Education and health online teaching in the pandemic era at Ploso subdistrict elementary schools. The research design is quantitative descriptive using survey method. The technique of data collection employs google form with 10 indicators. The technique of data analysis applied is quantitative descriptive in the form of percentage. This research population is 21 sports physical Education and health elementary teachers in Ploso subdistrict. Based on the survey, it is found that Ploso subdistrict elementary schools have better teaching quality comparing to others in different subdistrict. In addition, the researcher teaches in one of elementary schools in Ploso subdistrict so it is easier to gain the data and do direct observation on the implementation of online teaching. The research result indicates that the students find difficulties in teaching learning process especially in sports physical Education and health lesson. The result informs about 10 parameters used to understand the implementation of sports physical Education and health online teaching. The elementary teachers in Ploso subdistrict state that all of them teach sports physical Education and health during the pandemic. The teaching materials is relevant to the lesson plan in the amount of 86% and 67% indicates WhatsApp group as the mostly used application. Parents and teachers participate in this online teaching learning activities. The teachers do evaluation based on the conformity between submitted tasks and test. The teachers state that this evaluation stage is ineffective. From the research result, it can be concluded that the implementation of sports physical Education and health teaching at Ploso subdistrict elementary schools is in good category.