THE EFFECT OF TED-ED ANIMATED VIDEOS ON VOCABULARY ACQUISITION OF EFL MIDDLE SCHOOL STUDENTS
Kosakata merupakan salah satu komponen terpenting dalam pembelajaran bahasa dan kunci utama untuk dapat berkomunikasi dengan efektif dalam bahasa sasaran. Pada penelitian ini, peneliti menguji efek dari pengintegrasian materi audiovisual terhadap pemerolehan kosakata pelajar EFL (bahasa Inggris sebagai bahasa asing) di Indonesia menggunakan platform video animasi TED-Ed, sebuah segmen saluran dari TED yang berfokus pada topik-topik pendidikan. Penelitian pra-eksperimen ini melibatkan para pelajar kelas delapan dari suatu SMP swasta di Surabaya dengan pemberian perlakuan video animasi TED-Ed (n=24). Penelitian ini membahas dampak penggunaan video TED-Ed sebagai media pembelajaran untuk penyerapan kosakata baru pada pelajar kelas delapan. Peneliti menggunakan instrumen tes awal dan akhir untuk menilai pengetahuan kosakata mereka tentang kosakata target yang telah dipilih sebelumnya dari video perlakuan. Video TED-Ed untuk perlakuan tersebut telah disaring ke level yang sesuai untuk pelajar SMP dan disesuaikan dengan konten teks personal recount. Setelah data primer terkumpul, peneliti melakukan uji T berpasangan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis yang telah diajukan. Penelitian ini berdampak secara signifikan pada kemampuan para subjek untuk memperoleh kata-kata baru; hasil uji T adalah 8,60 (≥ tabel t: 2,06) dengan derajat kebebasan 23. Nilai rata-rata tes akhir partisipan lebih tinggi daripada tes awal (61,6 ≥ 28,2). Secara keseluruhan, temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran kosakata mereka.
Vocabulary is one of the most crucial components for language learning and a primary key for an effective communication in the target language. In this study, the researcher examined the impact of integrating visual-auditory material on Indonesian EFL students’ vocabulary acquisition using the TED-Ed animation video platform, a TED channel segment focusing on education matters. This pre-experimental study involved the eighth graders of a private middle school in Surabaya with the treatment of TED-Ed animated videos (n=24). This research addressed the effect of using TED-Ed videos as the learning media for EFL students in the eighth grade on their vocabulary gain. The researcher employed pretest and posttest instruments to assess their vocabulary knowledge of the preselected target words from the video. The TED-Ed videos for treatments were filtered to the suitable level for EFL middle schoolers and adjusted to personal recount text contents. After the primary data was gathered, the researcher performed paired samples t test to analyze the data and to assess the proposed hypotheses. This study significantly impacted the participants’ abilities to obtain new words; the t-test result was 8.60 (≥ t table 2.06) with a df of 23. The average score of the posttest was higher than the pretest one (61.6 ≥ 28.2). Overall, the research findings indicated an improvement in their vocabulary learning.