Sebagai stasiun radio jaringan lokal yang menaungi 13 radio anggotanya, diperlukan sebuah pola kebijakan manajemen yang bertujuan untuk mengatur segala aktivitas radio anggota jaringannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pola kebijakan manajemen yang diterapkan di Suzana Radio Network sebagai radio induk. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Suzana Radio Network telah mengatur segala aktivitas radio induk ataupun radio jaringannya secara terpusat. Sehingga Suzana Radio Network menetapkan beberapa kebijakan mulai dari divisi SDM, divisi program dan divisi marketing, yang mana masing-masing divisi menerapkan beberapa pola kebijakan untuk diberlakukan ke 13 anggota radio jaringan. Maka dapat disimpulkan bahwa Suzana Radio Network termasuk dalam ketiga tipe radio berjaringan yakni Marketing Networking, Program Networking, Owned Networking.
Kata kunci: Manajemen Stasiun Radio Jaringan, Kebijakan SDM, Kebijakan Program, Kebijakan Marketing, Suzana Radio Network.
As a local network radio station that houses 13 radio members, a management policy pattern is needed that aims to regulate all radio activities of its network members. The research was conducted aimed at knowing the management policy patterns applied at Suzana Radio Network as the parent radio. To complete this study a case study method was used with a qualitative descriptive approach. Data collection techniques are carried out by interviews, direct observation, and documentation. The results of this study indicate that Suzana Radio Network has managed all the main radio activities or network radio centrally. So that Suzana Radio Network established several policies starting from the HR division, program division and marketing division, where each division applied several policy patterns to apply to 13 network radio members. So it can be concluded that Suzana Radio Network is included in the three types of radio networks, namely Marketing Networking, Networking Programs, Owned Networking.
Keywords: Network Radio Station Management, HR Policy, Program Policy, Marketing Policy, Suzana Radio Network.