Perancangan Animasi 2D Pemahaman Self Control sebagai Media Edukasi Pendidikan Karakter untuk Remaja
Designing a 2D Animation on Understanding Self Control as an Educational Media for Character Education in Adolescent
Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam perkembangan remaja. Remaja sebagai bagian yang kritis dari masyarakat memerlukan pembinaan nilai-nilai moral dan etika untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik. Salah satu aspek penting yang dapat mendukung hal tersebut adalah self control. Dalam konteks ini, media memiliki peran dalam proses penyampaian pesan/informasi terkait self control dan juga untuk memberikan edukasi kepada remaja. Berdasarkan hal itu, maka dilakukanlah perancangan media edukasi pendidikan karakter untuk remaja mengenai pemahaman self control.
Subjek penelitian atau target audiens perancangan media edukasi ini adalah remaja berusia 13-18 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan design thinking oleh David Kelley dan Tim Brown. Perancangan diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui wawancara, kuesioner, dan studi literatur kemudian dianalisa menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Konsep media yang dirancang berupa video animasi 2D berjudul “Self Control: Mastering The Inner-Beast” dengan teknik cutout melalui 3 tahap perancangan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dari hasil uji coba atau testing kepada 30 responden remaja, video animasi 2D memiliki tampilan visual yang menarik dengan penyampaian pesan yang jelas, serta durasi dan pemilihan audio yang pas. Alur cerita, narasi, dan dialog yang disampaikan jelas dan sesuai dengan situasi nyata sehingga dapat membantu audiens memahami isi materi dalam video.
Kata Kunci: Animasi 2D, Self Control, Pendidikan Karakter
Character education is an important foundation in adolescent development. Adolescents as a critical part of society require the cultivation of moral and ethical values to form a good character and personality. In this context, the media has a role in the process of delivering messages or information related to self control and also to provide education to adolescents. Based on that, a character education media is design for adolescents on self-control understanding.
The research subject or target audience of this educational media design is teenagers aged 13-18 years. The research uses descriptive qualitative methods with the approach of design thinking by David Kelley and Tim Brown. Planning begins with collecting primary and secondary data through interviews, questionnaires, and literature studies and then analyzes using data reduction methods, data presentation, and conclusion. The media concept is designed as a 2D animated video entitled "Self Control: Mastering The Inner-Beast" with cutout animation techniques through three stages of design: pre-production, production, and post-productions. From trial or testing results to 30 respondents, 2D animated videos have an attractive visual display with clear message delivery, as well as a suitable duration and audio selection. Stories, narratives, and dialogues are delivered clearly and in line with real situations so that they can help the audience understand the content of the video.
Keywords: 2D Animation, Self Control, Character Education