PERBEDAAN KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PENGGUNA JASA PERAWATAN SEPATU
DIFFERENCES IN CUSTOMER SATISFACTION REVIEWING FROM USER CHARACTERISTICS SHOE CARE SERVICES
Abstrak
Kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang penting bagi penyedia jasa, salah satunya adalah penyedia jasa perawatan sepatu. Sehingga guna peningkatan pelayanan pada jasa perawaan sepatu, maka diperlukan riset untuk memberikan layanan yang tepat berdasarkan karakteristik penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat dan pembentuk kepuasan pelanggan perawatan sepatu Kusam.sc ditinjau berdasrkan kelompok jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendapatan di masa pandemi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah sebanyak 234 pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah skala kepuasan pelanggan berjenis skala likert yang mengacu pada aspek kepuasan pelanggan milik Kotler & Keller. Analisis data yang digunakan adalah uji anova empat jalur dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil uji analisis varian 4 arah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepuasan pelanggan ditinjau dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendapatan.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Usia, Jenis Kelamin, Pekerjaan, Pendapatan.
Abstract
Customer satisfaction is an important thing for service providers, one of which is shoe care service providers. So to improve services on shoe stature services, research is needed to provide the right service based on the characteristics of its users. This study aims to determine the differences in levels and shapers of customer satisfaction of shoe care Kusam.sc reviewed based on gender, age, occupation, and income groups during the pandemic. The research uses comparative quantitative methods. This research is a population study with a total of 234 customers. The data collection technique used is a Likert scale of customer satisfaction that refers to the customer satisfaction aspect of Kotler &Keller. The data analysis used is a four-track ANOVA test with the help of SPSS 25.0 for windows software. The results of a 4-way variant analysis test showed that there were differences in customer satisfaction reviewed from gender, age, occupation, and income.
Keywords: Customer Satisfaction, Age, Gender, Occupation, Income.