ABSTRAK
PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING DI INDOMARET SURABAYA TIMUR
Nama : Tiara Erika Caesariani
NIM : 13080574161
Program Studi : S-1 Manajemen
Jurusan : Manajemen
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si.
Minimarket merupakan salah satu ritel yang berkembang pesat tahun 2018. Sebanyak 74% pembelian yang terjadi di minimarket merupakan impulse buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh store atmosphere dan promosi penjualan terhadap impulse buying di Indomaret Surabaya timur.
Jenis rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rancangan riset konklusif. Menggunakan teknik pengambilan sample non probability sampling dengan jumlah 220 responden yang diambil dari konsumen Indomaret Surabaya Timur. Instrument yang digunakan adalah angket yang menggunakan skala likert dan di analisis dengan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari store atmosphere terhadap impulse buying, serta promosi penjualan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying.
Kata kunci: Store Atmosphere, Promosi Penjualan, Impulse Buying
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF STORE ATMOSPHERE AND SALES PROMOTIONS TOWARD IMPULSE BUYING AT INDOMARET EAST SURABAYA
Name : Tiara Erika Caesariani
Program S-1Study : Management
Department : Management
Faculty : Economics
Name Of Institution : University Of Surabaya
Supervisor : Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si.
Minimarket is one of the fast growing retail by in 2018. As many as 74% of purchase that occur at minimarket is impulsive. The purpose of this study is to analyze and discuss the influence of store atmosphere and sales promotions toward impulsive purchases in Indomaret, East Surabaya.
Type of this research is conclusive research. Using the technique of sampling nonprobability sampling with total of 220 respondents drawn from visitors of Indomaret, East Surabaya. The instrument used is the likert scale using question form and analysis with multiple linear regression.
The result showed that there is a positive and significant influence of store atmosphere toward impulsive purchases, and sales promotions has a positive and significant influence toward impulsive purchases.