Pemecahan masalah dan fleksibilitas merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Fleksibilitas merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk menentukan strategi-strategi berbeda dalam menyelesaikan masalah dengan tepat. Kepribadian merupakan pola sifat dan karakteristik seseorang yang relatif permanen. Kepribadian digolongkan menjadi empat tipe, yaitu guardian, artisan, rational, dan idealist.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fleksibilitas siswa SMP dalam pemecahan masalah matmatika, khususnya materi pecahan berdasarkan tipe kepribadian menurut Keirsey. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas VIII yang terdiri dari seorang siswa bertipe kepribadian guardian, seorang siswa bertipe kepribadian arisan, seorang siswa bertipe kepribadian rational, dan seorang siswa bertipe kepribadian idealist. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Tes Penggolongan Kepribadian (TPK), Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Fleksibilitas Matematika (TFM), dan pedoman wawancara.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bertipe kepribadian guardian menyelesaikan masalah menggunakan satu strategi, yaitu menebak dan menguji (guess and test) dengan kurang lancar dan hasil yang diperoleh kurang tepat. Siswa bertipe kepribadian artisan menyelesaikan masalah menggunakan dua strategi yang berbeda, yaitu menggambar (draw a picture) dan menggunakan variabel (use a variable) dengan lancar dan tepat. Siswa bertipe kepribadian rational menyelesaikan masalah menggunakan dua strategi yang berbeda, yaitu menggunakan variabel (use a variable) dan menggambar (draw a picture), tetapi tidak dapat menyelesaikan strategi kedua. Siswa bertipe kepribadian idealist menyelesaikan masalah menggunakan dua strategi yang berbeda, yaitu menggunakan variabel (use a variable) dan menggunakan alasan langsung (use direct reasoning) dan benar, tetapi strategi kedua merupakan strategi lanjutan dari strategi pertama.
Kata Kunci: Pemecahan masalah, fleksibilitas, kepribadian, tipe kepribadian Keirsey
Problem solving and flexibility are two things that cannot be separated. Flexibility is an ability which is needed to determine different strategies in solving problems correctly. Personality is a pattern of the nature of a person who is relatively permanent. Personality is classified into four types, namely guardian, artisan, rational, and idealist.
This study is a qualitative research. The aim of this study is to describe flexibility of high school students in mathematics problem solving, especially fractions based on personality types according to Keirsey. The subjects in this study were four eighth grade junior high school students consisting of a guardian personality type, a student with an artisan personality type, a student with a rational personality type, and a student with an idealist personality type. The instruments used in this study consisted of the Personality Classification Test (PCT), Mathematics Ability Test (MAT), Mathematical Flexibility Test (MFT), and interview guidelines.
The results of this study show that guardian student solve problem using one strategy, namely guess and test strategy and the answers obtained are incorrect. Artisan student solve problem using two different strategies, namely drawing a picture and use a variable then the results of all answers are correct. Rational student solve problem using two different strategies, namely use a variable and draw a picture, but cannot finish the second strategy. Idealist student solve problem using two different strategies, namely use a variable and use direct reasoning then the answers are correct, but the second strategy is an advanced strategy of the first strategy.
Keywords: Problem solving, flexibility, personality, Keirsey personality types