PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
THE PROFIL OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif motivasi belajar siswa SMP dalam pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah penelitian survei. Partisipan penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Sumberrejo kelas VII, VIII dan IX berjumlah 90 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket motivasi belajar model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), dengan jumlah pernyataan sebanyak 20 nomor. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu melalui angket yang disebar secara online dengan menggunakan Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Sumberrejo pada aspek ARCS secara berturut-turut adalah 66%, 73%, 64% dan 69%. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa berdasarkan aspek ARCS seluruhnya masih termasuk dalam kategori cukup. Hal ini juga mempengaruhi hasil belajar siswa, dimana tingkat ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan kurang baik. Perlunya evaluasi pembelajaran daring yang lebih kreatif dan inovatif serta penggunaan media teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
The research aims to objectively describe the learning motivation of junior high school students in online learning during the Covid-19 pandemic. The method used survey research. The research participants were students of SMP Negeri 1 Sumberrejo grade VII, VIII and IX totaling 90 students. The research instrument used was a learning motivation questionnaire sheet model of Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), with a total statements of 20 numbers. Data collection techniques used through questionnaires distributed online via Google Form. The results of this research indicate that the level of student learning motivation in online learning at SMP Negeri 1 Sumberrejo in the ARCS aspect respectively is 66%, 73%, 64% and 69%. The conclusion of this research is that all of the students' learning motivation based on the ARCS aspect is still in the sufficient category. This also affects student learning outcomes where the level of completeness of student learning outcomes shows less well. This requires a more creative and innovative of online learning evaluations and in the use of technology media to increase student motivation during the Covid-19 pandemic.
Keywords: Learning Motivation, Online Learning, Learning Outcome