PEMBINAAN TARI SEBAGAI PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DI SANGGAR ARMY DANCE PERFORMANCE (ADP) SURABAYA
DANCE COACHING AS AN INCREASE IN STUDENT SKILLS AT ARMY DANCE PERFORMANCE (ADP) STUDIO SURABAYA
Sanggar Army Dance Performance (ADP) merupakan sanggar tari yang didirikan oleh Mamik Sudarsih. Lokasinya di Lidah Kulon-Surabaya Barat. Sanggar ini memiliki pembinaan tari yang beragam terbagi menjadi kegiatan regular yang bersifat terprogram, sedangkan kegiatan insidental yang pelaksanaannya berdasarkan situasi dan kondisi tertentu (pembelajaran diluar sanggar baik virtual maupun ditempat lain, mengikuti lomba tari menerima job, undangan sebagai pengisi acara, dan lain-lain).
Permasalahan penelitian yaitu; 1). Bagaimana pembinaan yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa di Sanggar ADP?, 2). Bagaimana hasil peningkatan pembinaan tari siswa di Sanggar ADP? Tujuannya mendeskripsikan pembinaan tari yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa di Sanggar ADP. Pendekatan penelitian mengaplikasikan deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ialah siswa di sanggar ADP. Objek penelitiannya ialah pembinaan tari Sanggar ADP. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Mamik Sudarsih sebagai pendiri sekaligus pelatih, asisten pelatih dan siswa, didukung sumber data sekunder berupa artikel, jurnal, penelitian terdahulu, maupun dokumen yang berkaitan. Instrumen teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, simpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu.
Hasil pembinaan tari Sanggar ADP mendapatkan hasil signifikan dan memuaskan, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil data penelitian, meliputi: perkembangan diri, hasil ujian kelas serta prestasi siswa. Simpulan dari pembinaan tari di Sanggar ADP yaitu sanggar memiliki kegiatan pembinaan dilakukan secara reguler dan insidental. Capaian keterampilan tari siswa berjalan seimbang antara upaya yang dilakukan dengan hasil yang dicapai. Loyalitas dan motivasi tinggi yang dimiliki pemilik sanggar, pelatih maupun siswa memberikan situasi belajar yang kondusif dan menyenangkan. Hal ini dapat mengasah keterampilan tari dan mendorong siswa untuk berprestasi.
Kata Kunci: Pembinaan, Sanggar Army Dance Performance (ADP), Keterampilan.
Sanggar Army Dance Performance (ADP) is a dance school founded by Mamik Sudarsih. Located in Lidah Kulon-West Surabaya. This sanggar has a diverse dance development divided into regular activities that are programmatic, while incidental activities whose implementation is based on certain situations and conditions (learning outside the sanggar both virtual and elsewhere, participating in dance competitions, receiving jobs, invitations as performers, etc).
The researcher's problem is; 1). How is coaching done to improve the skills of students at Sanggar ADP?, 2). How is the result of improving student dance coaching at Sanggar ADP? The goal describes dance coaching conducted to improve the skills of students at Sanggar ADP. The research approach uses qualitative descriptive. The subject of the study was a student at Sanggar ADP. The object of his research is the construction of Sanggar ADP. The primary data source in this study is Mamik Sudarsih as the founder and coach, assistant coach and student, supported data sources by articles, journals, previous research, and related documents. Instruments of data collection techniques through observation, interview and documentation. Data analysis uses data reduction techniques, data presentation, conclusions. Data validity uses triangulation of source, method and time.
Sanggar ADP coaching results get significant and satisfactory results, this is evidenced by the results of research data that follow: self-development, class exam results and student achievement. The conclusion of dance coaching in Sanggar ADP is that sanggar has regular and incidental coaching activities. The achievement of students' dance skills runs in balance between the efforts made with the results achieved. Loyalty and high motivation owned by sanggar owners, coaches and students provide a conducive and fun learning situation. It can hone dance skills and encourage students to excel.
Keywords: Coaching, Sanggar Army Dance Performance (ADP), Skills.