Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Gambar 3D untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Elemen Desain Pemodelan Bangunan di SMKN
Learning Using 3D Image Tutorial Videos to Increase Students Interest and Learning Outcomes in Building Modeling Design Elements at SMKN
ABSTRAK
Anggara, Rosich, 2025. Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Gambar 3D untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Elemen Desain Pemodelan Bangunan SMKN. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing. I. Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd. dan II. Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.
Kata Kunci : Desain Pemodelan Bangunan, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Video Tutorial.
Pembelajaran desain pemodelan bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbagai bidang, seperti arsitektur, interior design, dan teknik sipil. Namun, beberapa masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran tersebut adalah rendahnya minat siswa dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan video tutorial gambar 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial gambar 3D, dengan mencangkup sebagai hal berikut : 1. Mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan video tutorial 3D dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk kelas XI siswa DPIB SMK Negeri 2 Bojonegoro. 2. Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan video tutorial 3D dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk kelas XI siswa DPIB SMK Negeri 2 Bojonegoro.
Jenis penelitian yang berjudul “Pembelajaran menggunakan video tutorial gambar 3D untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada elemen desain pemodelan bangunan di SMKN” tergolong eksperimen semu (quasi experiment research). Penelitian ini menggunakan dua kelompok belajar yaitu kelas XI DPIB 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI DPIB 1 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data kuisioner digunakan untuk mengukur minat belajar, sedangkan pengumpulan data tes digunakan untuk mengukur hasil belajar. Langkah-langkah teknik analisis data 1. uji instrument yang terdiri dari a. uji validitas b. uji reliabilitas, 2. uji prasyarat yang terdiri dari a. uji normalitas b. uji homogenitas dan 3. uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independent.
Hasil Penelitian terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran video tutorial gambar 3D terhadap hasil pembelajaran elemen Desain Pemodelan Bangunan pada peserta didik kelas XI DPIB di SMKN 2 Bojonegoro. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rata-rata hasil belajar dari kedua sampel yang dibantu dengan software stata. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang didapatkan oleh kelas eksperimen yaitu sebesar 89,58 yang mana jika melihat dari kriteria hasil belajar peserta didik penggunaan media pembelajaran video tutorial gambar 3D memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata yang didapatkan hanya sebesar 78,89 yang mana jika melihat dari hasil belajar peserta didik yang tidak diberikan perlakuan (menggunakan media Lembar Kerja Peserta Didik) memiliki pengaruh yang cukup terhadap hasil belajar peserta didik. Begitu juga dengan hasil perhitungan minat belajar menunjukkan bahwa rata-rata yang didapatkan oleh kelas eksperimen yaitu sebesar 75,5. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata yang didapatkan hanya sebesar 72,5.
ABSTRACT
Anggara, Rosich, 2024. Learning Through 3D Illustration Tutorial Videos to Enhance Students' Interest and Learning Outcomes in Building Modeling Design Elements at Vocational High Schools. Thesis, Technology and Vocational Education Program, Graduate School, State University of Surabaya. Advisor : I. Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd. and II. Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.
Keywords: Building Design Modeling, Learning Interest, Learning Media, Learning Outcomes, Tutorial Videos.
Learning building modeling design in Vocational High Schools (SMK) has the potential to enhance students' abilities in various fields, such as architecture, interior design, and civil engineering. However, several issues encountered in the learning process include low student interest and unsatisfactory learning outcomes. One strategy that can be employed to increase student interest and learning outcomes is the use of 3D illustration video tutorials. This research aims to develop 3D illustration video tutorial learning media, encompassing the following objectives : 1. To determine the difference in students' learning interest between learning that uses 3D video tutorials and Student Worksheets (LKPD) for class XI DPIB students at SMK Negeri 2 Bojonegoro. 2. To determine the difference in students' learning outcomes between learning that uses 3D video tutorials and Student Worksheets (LKPD) for class XI DPIB students at SMK Negeri 2 Bojonegoro.
Study titled “Learning Through 3D Illustration Video Tutorials to Enhance Students' Interest and Learning Outcomes in Building Modeling Design Elements at Vocational High Schools” falls under the category of quasi-experimental research. This research involves two learning groups: class XI DPIB 2 as the experimental group and class XI DPIB 1 as the control group at SMK Negeri 2 Bojonegoro. Questionnaire data collection technique was used to measure learning interest, while the test data collection technique was used to assess learning outcomes. The steps for data analysis are as follows. 1. uji instrument Consisting of a. uji validitas b. uji reliabilitas, 2. uji prasyarat Consisting of a. uji normalitas b. uji homogenitas dan 3. uji hipotesis using an independent sample t-test.
Research results indicate that the use of 3D illustration video tutorial learning media significantly impacts learning outcomes of Building Modeling Design Elements among class XI DPIB students at SMKN 2 Bojonegoro. This is evidenced by the calculation of the average learning outcomes from both samples, analyzed using Stata software. Findings reveal that the experimental class achieved an average score of 89.58, which, based on the criteria for student learning outcomes, indicates a very high influence of the 3D illustration video tutorial learning media on students' learning outcomes. In contrast, the control class achieved an average score of 78.89, suggesting the use of Student Worksheets (LKPD) without special treatment had only a moderate impact on students' learning outcomes. Similarly, the calculation of learning interest shows that the experimental class achieved an average score of 75.5, while control class only achieved an average score of 72.5.