Dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas XI-Multimedia
SMK Yapalis Krian Sidoarjo, ditemukan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam
menyusun teks dialog bahasa Mandarin. Hal ini menyebabkan kurang pemahaman
siswa terhadap pemahaman siswa kelas XI terhadap pembelajaran menyusun teks
dialog bahasa Mandarin. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan
media aplikasi Du Chinese (M-Learning ) yang diharapkan mampu
memudahkan siswa dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media, pengaruh serta
respon siswa terhadap penggunaan media Du
Chinese (M-Learning ) dalam
pembelajaran menyusun teks dialog.
Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian
kuantitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan True Experiment Design . Populasi pada penelitian ini adalah kelas
XI SMK Yapalis Krian Sidoarjo, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah
kelas XI-Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-Akuntansi dan
Keuangan Lembaga (AK) 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berlangsung
selama empat pertemuan. Dua kali pertemuan pada kelas eksperimen (dengan
menggunakan media Du Chinese ) dan dua
kali pertemuan pada kelas kontrol (dengan menggunakan media powerpoint ).
Penerapan media pada kelas eksperimen
yakni XI-Multimedia 2 dengan menggunakan aplikasi Du Chinese (M-Learning ) dalam pembelajaran menyusun teks dialog bahasa Mandarin siswa dari pertemuan pertama
dan ke dua mengalami peningkatan. Dari hasil lembar observasi guru pada kelas
eksperimen diperoleh hasil “baik” menurut skala Likert dengan persentase
pertemuan pertama sebesar 68% dan pertemuan kedua sebesar 80%. Kemudian pada
hasil lembar observasi siswa diperoleh hasil “baik” menurut skala Likert
dengan persentase pertemuan pertama sebesar 46% dan pertemuan ke dua sebesar
79%. Sehingga berdasarkan pada penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan
media aplikasi Du Chinese (M-Learning ) terhadap kemampuan
menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas XI-Multimedia 2 SMK
Yapalis Krian Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019 berjalan dengan baik.
Pengaruh
penggunaan media aplikasi Du Chinese (M-Learning ) telah di analisis yang diperoleh = 1,5 dan = 92
, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai tabel taraf 5% dengan harga = 1,5 dan =
92, maka diketahui bahwa harga =
2,02 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2,02>1,5). Dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media aplikasi Du Chinese (M-Learning )
berpengaruh positif terhadap kemampuan menyusun teks dialog bahasa Mandarin
siswa kelas eksperimen yakni XI-Multimedia 2 SMK Yapalis Krian Sidoarjo.
Respon siswa terhadap pembelajaran
menggunakan media aplikasi Du Chinese (M-Learning )
mendapatkan respon yang positif dari para siswa serta pembelajaran sangat
efektif bagi siswa. Penggunaan aplikasi ini dapat mempermudah dalam
pembelajaran menyusun dialog bahasa Mandarin. Setiap aspek pada angket respon
siswa yaitu pada aspek pengalaman penggunaan media diperoleh persentase sebesar
84% dan 88% dengan kategori skala Likert adalah sangat baik. Kemudian
pada aspek proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 82% dan 85% dengan
kategori skala Likert adalah sangat baik dan satu soal sebesar 75%
dengan kategori skala adalah baik. Dan aspek penggunaan
media diperoleh persentse sebesar 82% dan 81% dengan kategori
skala Likert adalah sangat baik, sedangkan
satu soal sebesar 78% dengan kategori skala adalah baik. Dengan demikian,
dapat diambil simpulan bahwa penerapan media Du Chinese (M-Learning )
terbukti efektif untuk diterapkan pada siswa dalam pembelajaran menyusun teks
dialog bahasa Mandarin.