PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN EFIKASI DIRI PADA HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMAN 1 SIDOARJO
THE INFLUENCE OF TIME MANAGEMENT AND SELFEFFICACY ON THE LEARNING OUTCOMES OF ECONOMICS CLASS X SMAN 1 SIDOARJO
Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran di SMAN 1 Sidoarjo dilakukan secara hybrid di masa pandemi. Sehingga memiliki alokasi waktu pembelajaran yang lebih singkat dibandingkan pembelajaran offline. Alokasi waktu dalam proses pembelajaran hybrid pada masa pandemi hanya 1 jam untuk satu mata pelajaran, dimana alokasi waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran ekonomi seharusnya 90 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 1 Sidoarjo pada pembelajaran hybrid pada masa pandemi Covid-19. Menggunakan teknik simple random sampling dengan populasi 163 siswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPPS 24. Hasil penelitian ini secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap manajemen waktu dan efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Sidoarjo dengan pembelajaran hybrid.
This research was carried out because the learning at SMAN 1 Sidoarjo was carried out hybridly during the pandemic. So that is has a shorter allocation of learning time than offline learning. The purpose of this study is to determine the influence of time management and self-efficacy on the learning outcomes of class X economics subjects in SMAN 1 Sidoarjo hybrid learning during the Covid-19 pandemic. Using simple random sampling techniques with a population of 163 students. The study used primary data obtained from questionnaires. The analysis method uses multiple liner regression analysis with the help of the SPPS 24 program. The result of this study partially and simultaneously showed that each of them had a positive and significant influence on time management and self-efficacy on the learning outcomes of class subjects in SMAN 1 Sidoarjo hybrid learning.