ANALISIS KEBISINGAN DI JALAN DESA SEMAMBUNG KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO
NOISE ANALYSIS ON THE ROADS OF SEMAMBUNG VILLAGE, KANOR DISTRICT, BOJONEGORO DISTRICT
Jalan Desa Semambung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro merupakan jalan yang terhubung langsung dengan Jembatan TBT (Terusan Bojonegoro Tuban) dengan volume lalu lintas sebesar 5.393 kendaraan yang melintas per harinya menyebabkan permasalahan lingkungan, salah satunya kebisingan. Kebisingan menimbulkan dampak kesehatan serius. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis tingkat kebisingan di Jalan Desa Semambung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, 2) Dampak yang dirasakan, dan 3) Adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat terdampak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Lokasi penelitian di Jalan Desa Semambung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro dan waktu penelitian pada tanggal 29 Januari – 4 Februari 2024. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu: 1) Populasi dan Sampel area terdampak di Desa Semambung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, dengan populasinya adalah Jalan Desa Semambung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro beradius hingga 50 m dari lokasi penelitian. dan sampelnya tiga titik penelian, 2) Populasi dan Sampel masyarakat terdampak di sepanjang Desa Semambung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro dengan populasi sebanyak 186 jiwa dan sampel 45 jiwa dihitung menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengukuran tingkat kebisingan, serta wawancara mengenai dampak dan adaptasi yang dilakukan masyarakat terdampak kebisingan. Teknik Analisis yang dilakukan adalah pengolahan hasil data kebisingan menggunakan rumus LTM5, LSM, LS4 dan LM4, serta pengolahan data wawancara mengenai dampak dan adaptasi menggunakan teknik presentase.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Tingkat kebisingan pada LS4 kebisingan tertinggi sebesar 87.43 dB(A), LM4 kebisingan tertinggi sebesar 84.35 dB(A), 2) Dampak yang dirasakan masyarakat sebesar 56% merasa terganggu hingga mengalami masalah kesehatan, 3) Adaptasi yang dilakukan Masyarakat mendapatkan hasil 46% membiarkan, 38% menanam tumbuhan, 14% istirahat dan 2% memakai penutup telinga.
Kata Kunci: Volume Lalu Lintas, Kebisingan, Masalah Kesehatan.
Semambung Village Road, Kanor District, Bojonegoro Regency is a road that is directly connected to the TBT Bridge (Bojonegoro Tuban Canal) with a traffic volume of 5,393 vehicles passing per day causing environmental problems, one of which is noise. Noise has serious health impacts. The objectives of this research are 1) Analyzing the noise level in Jalan Semambung Village, Kanor District, Bojonegoro Regency, 2) The impacts felt, and 3) Adaptations made by the affected communities.
This research uses a survey research type. The research location is Jalan Semambung Village, Kanor District, Bojonegoro Regency and the research time is January 29 – February 4, 2024. The population and sample used in this research are divided into two, namely: 1) Population and sample of the affected area, with the population being Jalan Semambung Village, District Bojonegoro Regency Office and samples from three research points, 2) Population and sample of affected communities with a population of 186 people and a sample of 45 people. Data collection techniques were carried out using observation, measuring noise levels, and interviews regarding the impacts and adaptations made by communities affected by noise. The analysis technique carried out is processing the results of noise data using the LTM5, LSM, LS4, and LM4 formulas, as well as processing interview data regarding impacts and adaptation using percentage techniques.
The results of the research that has been carried out show that 1) The noise level at LS4 has the highest noise of 87.43 dB(A), LM4 has the highest noise of 84.35 dB(A), 2) The impact felt by the community is 56% feeling disturbed and experiencing health problems, 3) Adaptations made by the community resulted in 46% leaving it alone, 38% planting plants, 14% resting and 2% wearing earplugs.
Keywords: Traffic Volume, Noise, Health Problems.