Materi dalam mata pelajaran Perbankan Dasar yang dianggap susah
dipahami oleh peserta didik adalah materi kredit perbankan. Bahan ajar yang
digunakan guru belum berbasis kontekstual, sehingga diperlukan pengembangan
bahan ajar yang menarik dan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami
materi kredit perbankan. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis kontekstual,
dimana materi kredit perbankan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar perbankan dasar berbasis
kontekstual pada materi kredit perbankan kelas X Akuntansi di SMK Negeri
Mojoagung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model pengembangan 4D (Thiagarajan, Semmel, dan Semmel). Tetapi, dalam
penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan
dan tidak melakukan tahap penyebaran karena keterbatasan waktu dan biaya. Uji
coba terbatas dilakukan oleh 39 peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Negeri
Mojoagung. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi,
dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif melalui teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari komponen
kelayakan isi sebesar 81,54% dengan kriteria sangat layak, kelayakan penyajian
sebesar 86,5% dengan kriteria sangat layak, kelayakan bahasa sebesar 72,86%
dengan kriteria layak, dan kelayakan kegrafisan sebesar 81,3% dengan kriteria
sangat layak. Rata-rata secara keseluruhan komponen kelayakan sebesar 80,55%
dengan kriteria sangat layak. Sedangkan rata-rata persentase dari respon
peserta didik sebesar 93,11% dengan kriteria sangat baik.