ABSTRAK
Akhmad Syaiful Bahri. 2019. Profil Berpikir Relasional Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (1) Dr. Agung Lukito, M. S., dan (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Kata kunci : Berpikir Relasional, Soal Cerita Aritmetika, Gaya Kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir relasional yang terjadi pada siswa SMP pada saat menyelesaikan soal cerita aritmetika ditinjau dari gaya kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa field dependent dan satu siswa field independent yang dipilih berdasarkan hasil tes penggolongan gaya kognitif menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT) dan hasil Tes Kemampuan Matematika (TKM). Metode pengumpulan data berpikir relasional menggunakan soal cerita aritmetika dan wawancara kemudian dianalisis berdasarkan indikator berpikir relasional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa field independent melakukan semua aspek berpikir relasional yaitu membangun gambaran masalah, menentukan struktur inti masalah, menganalisis untuk mencari elemen kunci masalah, membangun strategi penyelesaian masalah, dan melaksanakan strategi penyelesaian masalah. Sedangkan siswa field dependent melakukan empat dari lima aspek berpikir relasional. siswa field dependent tidak menganalisis seperti seperti yang dilakukan siswa field independent, ia tidak mencari elemen kunci masalah, tetapi mengaktifkan prosedur yang diketahui untuk menyelesaikan masalah.
ABSTRACT
Akhmad Syaiful Bahri. 2019. Profile of Middle School Student Relational Thinking in Solving Word Problem Arithmetic in terms of Cognitive Style. Thesis, Department of Mathematics, Postgraduate of Surabaya State University, Supervisor: (1) Dr. Agung Lukito, M. S., and (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Kata kunci : Relational Thinking, Word Problem Arithmetic, Cognitive Style.
This study aims to describe relational thinking that occurs in junior high school students when completing arithmetic story problems in terms of cognitive style.
This research is a qualitative descriptive study. The subjects in this study were one field dependent student and one independent field student selected based on the results of the cognitive style classification test using the Embedded Figures Test (GEFT) and the Mathematical Ability Test (TKM) results. Data collection methods relational thinking using arithmetic story questions and interviews then analyzed based on relational thinking indicators.
vi
The results showed that field independent students carried out all aspects of relational thinking, namely building a picture of the problem, determining the core structure of the problem, analyzing the key elements of the problem, building a problem solving strategy, and implementing of strategy. While field dependent students do four of the five aspects of relational thinking. Field dependent students do not analyze as do field independent students, it does not look for key elements of the problem, but activates known procedures to solve problems.