Literasi Matematis Siswa SMP dalam Penyelesaian Soal PISA-Like Konten Bilangan ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis
Mathematical Literacy of Junior High School Students in Solving PISA-Like Problems in Quantity Content Viewed from the Level of Mathematical Logic Intelligence
Di zaman modern seperti sekarang, kita membutuhkan literasi matematis yang merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan pemecahan masalah dunia nyata. Tingkat literasi matematis siswa Indonesia dapat dilihat melalui hasil tes PISA. Salah satu konten pada PISA adalah konten bilangan. Dalam menyelesaikan soal PISA, tentunya siswa harus memiliki kecerdasan. Salah satu jenis kecerdasan adalah kecerdasan logis matematis. Tingkat kecerdasan logis matematis yang berbeda-beda memungkinkan perbedaan dalam literasi matematis siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana literasi matematis siswa SMP dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam penyelesaian soal PISA-Like konten bilangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari instrumen utama yakni peneliti dan instrumen pendukung yakni tes kecerdasan logis matematis, tes PISA-Like, dan pedoman wawancara. Penelitian dilaksanakan di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo dengan memberikan tes kecerdasan logis matematis kepada 37 siswa kelas IX kemudian dipilih 3 subjek utama, yakni satu subjek untuk masing-masing tingkat kecerdasan logis matematis. Tiga subjek kemudian diberikan tes PISA-Like dan dilakukan wawancara. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa dengan tingkat kecerdasan logis tinggi mampu mengidentifikasi masalah dengan menguraikan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, mampu merancang strategi untuk menemukan solusi matematika, mampu menerapkan aturan dan konsep matematika dengan menguraikan langkah-langkah untuk menemukan solusi pada soal, mampu menafsirkan hasil perhitungan matematika dengan menarik kesimpulan yang diperoleh ke dalam konteks pada soal, dan mampu mengkritisi dan mengecek kembali penyelesaian soal PISA- Like konten bilangan. Siswa dengan tingkat kecerdasan logis matematis sedang mampu mengidentifikasi masalah dengan menguraikan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, mampu merancang strategi untuk menemukan solusi matematika, cukup mampu menerapkan aturan dan konsep matematika dengan menguraikan langkah-langkah untuk menemukan solusi pada soal, mampu menafsirkan hasil perhitungan matematika dengan menarik kesimpulan yang diperoleh ke dalam konteks pada soal, dan cukup mampu mengkritisi dan mengecek kembali penyelesaian soal PISA-Like konten bilangan. Siswa dengan tingkat kecerdasan logis matematis rendah cukup mampu mengidentifikasi masalah dengan menguraikan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, cukup mampu merancang strategi untuk menemukan solusi matematika, cukup mampu menerapkan aturan dan konsep matematika dengan menguraikan langkah-langkah untuk menemukan solusi pada soal, mampu menafsirkan hasil perhitungan matematika dengan menarik kesimpulan yang diperoleh ke dalam konteks pada soal PISA-Like konten bilangan, tetapi kurang mampu mengkritisi dan mengecek kembali penyelesaian soal PISA-Like konten bilangan.
Kata kunci: Literasi matematis, PISA-Like, konten bilangan, tingkat kecerdasan logis matematis
In modern times like now, we need mathematical literacy which is a person's ability to think mathematically to formulate, apply, and interpret solutions to real world problems. The level of mathematical literacy of Indonesian students can be seen through the PISA results. One of the contents of PISA is quantity content. In solving PISA problems, students must have intelligence. One of intelligence is mathematical logical intelligence. Different levels of mathematical logic intelligence allow for differences in students' mathematical literacy. Therefore, the aim of this research is to describe the mathematical literacy of junior high school students with high, medium and low mathematical logic intelligence in solving PISA-Like problems in quantity content.
This study used a descriptive qualitative approach. The instruments in this study consist of the main instrument, namely the researcher and supporting instruments, namely mathematical logic intelligence test, PISA-Like problems, and interview guidelines. The research was conducted at Al Falah Deltasari Sidoarjo Junior High School by giving a mathematical logic intelligence test to 37 students in the ninth grade and then choosing three main subjects, namely one subject for each level of mathematical logic intelligence. These research data were analyzed using techniques that include data reduction, data presentation, and drawing conclusion.
The results of this research found that student with a high level of logic intelligence was capable of identify problems by explaining what was known and asked about the problem, she was capable of design strategies to find mathematical solutions, she was capable of apply mathematical rules and concepts by outlining the steps to find solutions to problems, she was capable of interpret the results of mathematical calculations by drawing the conclusions obtained into the context of question, and she was capable of criticize and re-check the solutions to PISA-Like questions in quantity content. Meanwhile, student with a moderate level of mathematical logic intelligence was capable of identify problems by explaining what was known and asked about the problem, she was capable of design strategies to find mathematical solutions, she was quite capable of applying mathematical rules and concepts by outlining the steps to find solutions to problems, she was capable of interpret the results mathematical calculations by drawing the conclusions obtained into the context of question, and she was quite capable of criticize and re-check the solutions to PISA- Like questions with quantity content. Student with a low level of mathematical logic intelligence was quite able to identify problems by describing what is known and asked about the problem, she was quite capable of designing strategies to find mathematical solutions, she was quite capable of applying mathematical rules and concepts by outlining the steps to find solutions to problems, she was capable of interpret the results of mathematical calculations by drawing the conclusions obtained into the context of question, but she was less capable of criticize and re-check the solutions to PISA-Like questions with quantity content.
Key words: Mathematical literacy, PISA-Like, quantity content, level of mathematical logical intelligence