Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Ditinjau dari Gender
Student’s Mathematical Literacy in Solving Asesmen Kompetensi Minimum Question in terms of Gender
Literasi matematika adalah kemampuan manusia untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan pengetahuan serta keterampilan matematika dalam berbagai konteks kehidupan nyata. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika 4 siswa kelas XII dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), di salah satu SMA Muhammadiyah Gresik berdasarkan gender. AKM merupakan penilaian mendasar kemampuan siswa sebagai media mengembangkan kompetensi diri agar dapat berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Pengumpulan data menggunakan tes literasi matematika AKM dan wawancara, data tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa perempuan memenuhi indikator dalam proses merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan permasalahan dengan solusi yang tepat. Sedangkan siswa laki-laki memenuhi indikator dalam proses merumuskan dan menerapkan. Guru perlu melakukan pembiasaan kepada siswa untuk menyelesaikan soal-soal terkait literasi matematika.
Mathematical literacy is the human ability to formulate, use, and interpret mathematical knowledge and skills in various real-life contexts. This descriptive qualitative study aims to describe the mathematical literacy of 4 grade XII students in solving the Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) questions, in one of the Muhammadiyah Gresik High Schools based on gender. AKM is a basic assessment of students' abilities as a medium for developing self-competence so that they can think critically in everyday life. Collecting data using the AKM mathematical literacy test and interviews, test and interview data were analyzed based on indicators of mathematical literacy. The results showed that the literacy skills of female students met the indicators in the process of formulating, implementing, and interpreting problems with appropriate solutions. Meanwhile, male students met the indicators in the process of formulating and implementing. Teachers need to familiarize students with solving problems related to mathematical literacy.