Pada saat ini, telah banyak bermunculan artis anak baik dari kalangan selebriti maupun kalangan biasa. Hal ini dapat mendorong orang tua memiliki inisiatif untuk menjadikan anaknya seorang artis cilik khususnya di bidang periklanan pada media sosial Instagram yang biasa disebut endorser. Pola komunikasi orang tua menjadi faktor penting dalam pengalaman yang dilakukan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orangtua khususnya seorang ibu dalam mengatur anak di setiap kegiatan endorse yang dilakukan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi secara langsung pada pelaku endorse. Dengan meneliti bagaimana kegiatan endorse saat berlangsung dilakukan, hasil yang didapat meliputi pola komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan endorser anak meliputi pola komunikasi demokratis, otoriter, transaksi, dan alih peran. Hal ini terjadi karena orang tua memiliki tujuan untuk memberi anak sebuah pengajaran mengenai profesionalitas dan tanggung jawab terhadap karir anak.
Kata Kunci: fenomenologi, pola komunikasi, endorser anak.
At this time, many child artists have sprung up both from celebrities and common people. This can encourage parents to have the initiative to make their children a child artist, especially in the field of advertising on social media Instagram, commonly called endorsers. Parents' are motives an important factor in their experience. This study aims to determine the experience of parents, especially a mother in managing children in every activity of endorse carried out. The researcher used a qualitative approach with the phenomenology method of research carried out by interviews and observations directly on endorsers. By examining how endorse activities take place, the results obtained include patterns of communication that occur between parents and children's endorsers including democratic, authoritarian communication, transaction, and role transfer patterns. This happens because parents have a goal to give children a teaching about professionalism and responsibility for their children's careers.
Keywords: phenomenology, communication patterns, child endorsers.