Tingkat Pemahaman Orang Tua dari Anak Spektrum Autis di Surabaya tentang Autisma Melalui Literasi Digital
The Level of Understanding of Parents of Children with Autistic Spectrum in Surabaya Regarding Autism Through Digital Literacy
Orang tua yang tidak memiliki pengetahuan mengenai spektrum autisme cenderung memiliki tingkat penerimaan yang rendah terhadap kondisi tersebut. Literasi digital membantu orang tua meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang spektrum autisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukenali tingkat pemahaman orang tua tentang spectrum autisme melalui literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode survei dan desain penelitian cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner di Google Form yang disebarkan melalui WhatsApp. Subyek penelitian adalah orang tua dari anak spektrum autisme di Surabaya dengan rentang usia 27-42 tahun dan diperoleh 44 responden. Uji validitas dan reabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan analisis statistik SPSS Versi 24 menggunakan korelasi spearman. Uji instrumen diperoleh skor 0,844 dan 0,901 dinyatakan valid. Data yang diperoleh melalui sebaran kuesioner untuk orang tua spektrum autis dianalisis menggunakan rumus interval persentase dengan korelasi Spearman dengan tingkat kepercayaan 95%. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Sebagian besar orang tua dari anak spektrum autisme melakukan literasi digital mendapatkan informasi melalui google dan instagram dengan skor 82,2%. (2) Sebagian besar orang tua memahami mengenai karakteristik dan layanan pendidikan bagi anak spektrum autis yang didapatkan dari google dan instagram dengan skor (82,7%). (3) Sebagian besar orang tua setuju untuk melakukan diskusi lebih lanjut dengan tenaga professional dengan skor (85,4%). Interpretasi hasil analisis penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil signifikan tingkat pemahaman orangtua mengenai autisma sangat baik melalui literasi digital.
Parents who don’t have knowledge regarding spectrum autism tend to have low acceptance of their condition. The existence of digital literacy helps parents increase their knowledge and understanding spectrum autism.The purpose of this research was to identify the level of parental understanding of the spectrum autism through digital literacy. This research used survey methods and cross sectional research design. Data collection techniques are performed using questionnaire in the google form and spreaded through WhatsApp. The research subjects were parents of children with spectrum autism in Surabaya city with an age range of 27-42 years old and 44 respondents were obtained. The validity and reliability of the instrument tested by using statistical analysis SPSS Version 24 using spearman correlation. Instrument tests with scores 0,844 and 0,901 were declared valid. Data obtained through the distribution of questionnaires for autistic spectrum parents were analyzed using percentage interval formula and Spearman correlation with 95% confidence level.The results of this research showed that : (1) The majority of parents with autism spectrum children perform digital literacy and obtain information about autistic children through google and instagram with score (82,2%). (2) The majority of parents with autism spectrum children understand the characteristic and educational services for children with spectrum autism that obtained from the google and instagram with score (82,7%). (3) The majority of the parents agreed to have discussions with professionals with score (85,4%). The interpretation of the analysis results of the above research can be inferred that, significant result in level of parental understanding of autism is very good through digital literacy.