Penelitian Pengembangan LKPD ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum yang sesuai K13 revisi 2017, (2) mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum oleh ahli validasi, (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik yang sudah dikembangkan pada mata pelajaran administrasi umum di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian LKPD ini adalah metode penelitian Research and Development. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan LKPD ini yaitu model 4-D oleh Thiagarajan yang memiliki empat tahap pengembangan antara lain tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Penelitian ini dilakukan pada 17 peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 2 Tuban. Hasil dari proses validasi lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban menunjukan bahwa (1) lembar kegiatan peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran administrasi umum sudah sesuai K13 revisi 2017, (2) penghitungan kelayakan oleh para ahli validasi menyatakan layak, (3) berdasarkan respon peserta didik, LKPD dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Rata rata keseluruhan nilai kelayakan LKPD sebesar 83.8% dengan interprestasi sangat layak. Uji coba yang dilakukan pada peserta didik menunjukan rata-rata skor pengembangan LKPD sebesar 89,4% dengan interprestasi sangat layak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci : Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), pendekatan saintifik, model pengembangan 4D.
The developmental research of this LKPD was aimed to (1) describing the results of the student learning activities sheets based on scientific approach according to K13 2017 revision, (2) describing the feasibility of student learning activities sheets based on scientific approach of general administration subjects by expert’s validation, (3) describe the students responses on student learning activities sheets based on scientific approach of general administration subjects at X OTKP 1 of SMK Negeri 2 Tuban. The research method used in this LKPD study is Research and Development. The model used in this LKPD development research is the 4-D model by Thiagarajan which has four phase of development including define, design, development, and dissiminate. This study was conducted on 17 students of X OTKP 1 at SMK N 2 Tuban.The results of the validation process of student learning activities sheets based on scientific approach of general administration subjects at X OTKP 1 of SMK Negeri 2 Tuban showed that 1) the student activity sheet based on the scientific approach on general administration subject is in accordance with K13 2017 revision, (2) the calculation of eligibility by validation experts states that it is feasible, (3) based on students' responses, LKPD is declared eligible to be used as teaching material. The average of all score is 83.8% with very strong interpretation. The limited trials on students showed an average score of 89.4% with good interpretation. This can be concluded that The Development of Student Learning Activities Sheets Based on Scientific Approach of General Administration Subjects at X OTKP 1 SMK Negeri 2 Tuban is feasible to be used as teaching material.
Keywords: Student Learning Activities Sheets (LKPD), scientific approach, 4D development model.