Strategi Belajar Menulis Huruf Katakana Pada Siswa Kelas X BAHASA SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019
Learning Strategy of Writing Katakana Letters In Class X LANGUAGES Students of SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Academic Year 2018/2019
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai strategi belajar yang digunakan oleh siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dalam mempelajari cara menulis huruf katakana. Penelitian ini didasari oleh hasil wawancara dengan guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dan siswa kelas X Bahasa bahwa terdapat kesulitan dalam menulis huruf katakana. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, pertama, bagaimana strategi belajar siswa kelas X BAHASA SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dalam menulis huruf Katakana dan kedua, bagaimana hasil dari penerapan strategi belajar siswa kelas X BAHASA SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dalam menulis huruf Katakana.
Strategi belajar yang digunakan oleh siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dalam mempelajari cara menulis huruf katakana terbagi menjadi delapan jenis strategi yaitu : Strategi Mengulang, Strategi Elaborasi, Strategi Memori, Strategi Organisasi, Strategi Affektif, Strategi Kompensasi, Strategi Sosial, dan Strategi Metakognitif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. penggunaan metode penelitian deskriptif – komparatif adalah dengan membandingkan strategi belajar yang digunakan oleh siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo dalam mempelajari huruf katakanan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, tes dan wawancara.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa siswa tidak hanya menggunakan satu jenis strategi belajar saja dalam mempelajari cara menulis huruf katakana, tetapi bisa menggunakan gabungan antara dua sampai tiga jenis strategi belajar untuk digunakan. Kemampuan siswa dalam menguasai cara menulis huruf katakana juga beragam, terdapat siswa yang memiliki kemampuan baik dalam menghafal huruf katakana, menuliskan bentuk hurufnya dengan rapi, dan hafal dengan urutan pencoretan huruf katakana. Namun, ada juga siswa yang memiliki kemampuan yang buruk, seperti tidak hafal urutan pencoretan huruf katakana, hurufnya sering tertukar dengan huruf katakana yang bentuknya mirip, penulisan hurufnya yang kurang rapi, serta huruf katakana tertukar dengan huruf hiragana.
Kata kunci : Strategi belajar, Huruf katakana, Kemampuan menulis
Abstract
This study is a research about the description of learning strategies used by students in X language class of SMAN 1 Taman Sidoarjo in learning how to write the katakana letters. This study is based on the results of interviews with Japanese language teacher at SMAN 1 Taman Sidoarjo and students in X language class that there are difficulties in writing katakana letters. This study has two kinds of problem statements, first, how the learning strategies of students in X language class of SMAN 1 Taman Sidoarjo in writing the katakana letters and second, how the results of applying the learning strategies of students in X language class of SMAN 1 Taman Sidoarjo in writing katakana letters.
The learning strategies used by students in X language class of SMAN 1 Taman Sidoarjo in learning how to write the katakana letters are divided into eight types of strategies: Rehearsal Strategy, Elaboration Strategy, Memory Strategy, Organization Strategy, Affective Strategy, Compensation Strategy, Social Strategy, and Metacognitive Strategy.
This study method used in this research is a comparative descriptive study with a qualitative method. The use of descriptive - comparative method is to compare the learning strategies used by students in X language class of SMAN 1 Taman Sidoarjo in learning katakana letters. The research instruments used in this study are observation, tests and interviews.
The results of this study explains that students do not only use one type of learning strategy in learning how to write the katakana letters, but can use a combination of two to three types of learning strategies to use. Students ability in mastering how to write katakana letters also varies, There are students who have good ability to memorize katakana letters, write the shape of the letters neatly, and memorize the order in writing the katakana letters. However, there are also students who have poor abilities, such as not memorizing the order in writing the katakana letters, the letters are often exchanged with the letters of the similar shapes, the writing of the letters that are less tidy, and the katakana letters exchanged with hiragana letters.
Keywords : Strategic Learning, Katakana Letter, Writing Skills