PERSEPSI SISWA TERHADAP E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI EKOLOGI
STUDENTS’ PERCEPTIONS OF GUIDED INQUIRY-BASED E-MODULE ON ECOLOGICAL MATERIALS
Persepsi siswa merupakan proses menafsirkan pengalaman yang dipengaruhi oleh stimulus atau informasi yang diterima melalui panca indra, disadari dan dimengerti oleh siswa. Penting untuk memahami bagaimana siswa memandang dan berinteraksi dengan e-modul sebagai bahan ajar untuk melihat kualitas e-modul karena persepsi siswa terhadap sumber belajar dapat sangat mempengaruhi keterlibatan, motivasi dan pada akhirnya adalah hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan selama pembelajaran materi ekologi serta keterkaitan persepsi terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan partisipan sebanyak 32 siswa di kelas VII-F SMPN 9 Gresik. Data yang dianalisis dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa angket dan wawancara persepsi terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing serta penilaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66% siswa memiliki persepsi sangat baik terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing dan 34% siswa memiliki persepsi pada kategori baik pada e-modul berbasis inkuiri terbimbing. Sebagian besar siswa memiliki persepsi positif pada e-modul yang digunakan dalam pembelajaran ekologi berdasarkan skor tiap aspek penilaian pada angket dan diikuti dengan pendapat positif siswa dalam wawancara mengenai penggunaan e-modul. Persepsi positif ini berdampak pada pengalaman dan pemahaman siswa dalam belajar. Hasil belajar siswa berkorelasi positif signifikan dengan skor persepsi siswa terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing, diperkuat dengan perolehan uji korelasi product moment yang menghasilkan koefisien korelasi senilai 0,481, tergolong pada tingkat korelasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap e-modul berbasis inkuiri terbimbing dan persepsi tersebut memiliki keterkaitan yang signifikan positif dengan hasil belajar siswa pada materi ekologi.
Students’ perception is a process of realizing experiences that are influenced by stimulus or information received through the five senses, realized and understood by students. It is important to understand how students view and interact with e-modules as learning materials to see the quality of the e-modules made because students' perceptions of learning resources can greatly influence engagement, motivation and ultimately student learning outcomes. The purpose of this study was to describe students' perceptions of guided inquiry-based e-modules on ecology material and the relationship between perceptions of guided inquiry-based e-modules and learning outcomes. The study was conducted with 32 students in class VII-F SMPN 9 Gresik. The data analyzed were collected through research instruments in the form of questionnaires and interviews regarding perceptions of guided inquiry-based e-modules and assessment of learning outcomes. The results showed that 66% of students had very good perceptions of guided inquiry-based e-modules and 34% of students had good perceptions of guided inquiry-based e-modules. Most students had a positive perception of the e-module used in ecological learning based on the score of each aspect of the assessment in the questionnaire and followed by positive student opinions in interviews regarding the use of the e-module. This positive perception has an impact on students' experience and understanding in learning. Student learning outcomes have a significant positive correlation with scores of students' perceptions of guided inquiry-based e-modules, reinforced by the acquisition of the product moment correlation test which produces a correlation coefficient of 0.481, belonging to the moderate level of correlation. Based on the results of this study it can be concluded that students have positive perceptions of guided inquiry-based e-modules and these perceptions have significant positive relationship with student learning outcomes on ecology material.