Hubungan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee dan Tokopedia
Relationship of Celebrity Endorsements to Purchase Decisions at Shopee and Tokopedia
Penggunaan celebrity endorser merupakan salah satu strategi promosi yang akan berdampak pada penguatan eksistensi bisnis, penguasaan pangsa pasar di pasar sasaran, dan peningkatan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian pada Shopee dan Tokopedia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Credibilty, Attractiveness, Power, dan keputusan Pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan untuk pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode membagikan kuisioner kepada 100 responden. Hasil penelitian ini adalah semua indikator pembentuk celebrity endorser memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Indikator yang perlu diperhatikan oleh Shopee untuk memilih celebrity endorsement adalah Atrractiveness. Sedangkan, indikator yang perlu diperhatikan oleh Tokopedia adalah power.
Kata kunci : Attractiveness; Celebrity Endorser; Credibility; Keputusan Pembelian; Power.
The use of celebrity endorsers is one of the promotional strategies that will have an impact on strengthening business existence, dominating market share in the target market, and increasing sales. The purpose of this study was to determine the relationship between celebrity endorsement and purchasing decisions at Shopee and Tokopedia. The variables used in this research are credibility, attractiveness, power, and purchasing decisions. This research method used quantitative methods and non probability sampling techniques for sampling. The data used in this study are primary data by distributing questionnaires to 100 respondents. The results of this study are all indicators of celebrity endorser have a significant influence on purchasing decisions. The indicator that Shopee needs to pay attention to in choosing celebrity endorsement is attractiveness. Meanwhile, the indicator that Tokopedia needs to pay attention to is power.
Keywords: Attractiveness; Celebrity Endorser; Credibility; Power; Purchase Decision