Pengembangan Modul Eksplorasi Motif Batik untuk Anak di Sanggar Lukis Ceria Studio Surabaya
Development of a Batik Motif Exploration Module for Children at the Ceria Studio Surabaya Painting Studio
Modul eksplorasi motif batik merupakan sebuah pengembangan media pembelajaran yang menciptakan kemandirian anak untuk belajar mengenai eksplorasi motif batik dengan cara berkreasi menstilasikan bentuk benda yang ada disekitarnya untuk dijadikan motif batik baru sesuai dengan karakteristik anak. Modul eksplorasi motif batik ini untuk anak di Sanggar Lukis Ceria Studio Surabaya. Adapun permasalahannya yakni kurangnya mengeksplorasi dalam penciptaan motif batik sesuai kreatifitas anak serta proses pengembangan modul eksplorasi motif batik. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) menurut Sugiono (2006). Penelitian diawali dengan identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 5 peserta didik Sanggar Lukis Ceria Studio tingkatan mahir dengan usia 7-12 tahun. Hasil penelitian ini adalah modul tentang mengeksplorasi motif batik yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, memperoleh hasil 86,7%. Hasil penelitian dibuktikan dengan bertambahnya motif batik baru yang dihasilkan oleh anak-anak di Sanggar Lukis Ceria Studio dengan pengambilan motif dari benda yang ada di sekitar, dengan demikian media ini efektif, serta dapat meningkatkan antusias anak dalam pembelajaran batik khususnya mengeksplorasi motif batik.
The batik motif exploration module is a learning media development that creates children's independence to learn about batik motif exploration by being creative in stylizing the shapes of objects around them to be used as new batik motifs according to the child's characteristics. This batik motif exploration module is for children at Ceria Studio Surabaya Painting Studio. The problem is the lack of exploration in the creation of batik motifs according to children's creativity and the process of developing the exploration module for batik motifs. The research method used is Research and Development (R&D) according to Sugiono (2006). The research begins with identification of potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision and product testing. The process of collecting data using the method of observation, interviews, documentation.The research subjects were 5 advanced level students of Sanggar Painting Ceria Studio, aged 7-12 years. The result of this study is a module on exploring batik motifs which has been validated by media experts and material experts, obtaining 86.7% results. The results of the study are evidenced by the addition of new batik motifs produced by children at Sanggar Lukis Ceria Studio by taking motifs from objects around them, thus this media is effective, and can increase children's enthusiasm in learning batik, especially exploring batik motifs.